Kuliner

Pendap Kudapan Khas Bengkulu

pendap-lezat-tokomesin

Kominfonews – Pendap (Ikan Pais) merupakan  makanan khas masyarakat Bengkulu yang mampu bersaing dengan sejumlah kuliner modern saat ini. Pendap memiliki cita rasa yang khas, makanan tradisional ini tetap menggugah selera makan terutama aroma khas daun keladi dan daun pisang yang menjadi pembungkusnya.

Untuk membuat pendap membutuhkan bahan berupa kelapa muda, asam pede, laos, kunyit, kemiri, ketumbar, bawang putih, bawah merah, daun jeruk purut, kelapa rendang, cabai, ikan gebur atau bisa diganti dengan ikan jemiin, ikan kakap merah atau ikan terusan. Sementara bahan lainnya yang juga diperlukan yaitu daun pisang dan daun talas untuk membungkus, serta tali rapiah untuk mengikat.

Pendap yang telah dibungkus dengan daun talas direbus selama delapan jam, di dalam kuali besar dengan menggunakan kayu bakar. Saat merebus, airnya dikasih garam, serai, dan daun salam, tujuannya agar aroma ikan pais lebih harum dan memiliki rasa yang khas. Pendap biasanya  di sajikan dengan nasi putih dan sayur – sayuran lainnya yang dapat meningkatkan selera makan. @ndi

editor : more

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *