Kuliner

Dodol Durian Makanan Khas Bengkulu

12736134_10204087536588784_1185876150_n

Kominfonews – (17/2) Hampir semua daerah di Indonesia memiliki oleh – oleh khas yang biasa dibawa pulang oleh wisatwan sebagai buah tangan ketika berkunjung ke sana. Begitu juga dengan Bengkulu selain terkenal dengan Batik Basureknya, Bengkulu juga memiliki makanan olahan Durian yang disebut dengan Lempuk atau Dodol Durian.

Dodol Durian atau Lempuk hanya dapat ditemui di Provinsi Bengkulu. Lempuk ini merupakan makanan olahan dari buah Durian dan di bentuk menjadi Dodol. Lempuk memiliki cita rasa yang khas sebab rasa manis yang di timbulkan tidak seperti Dodol kebanyakan serta aroma yang menggugah selera menciptakan sensai tersendiri dalam menikmati Durian.

Bagi para wisatawan yang tidak menyukai buah Durian secara langsung, maka dapat mencoba Lempuk dalam bentuk Dodol ini. Lempuk dapat banyak sekali ditemui di Bengkulu karena memang potensi Bengkulu akan buah Durian yang sangat banyak ketika musim berbuah tiba.

Jika ingin mencicipi Lempuk Durian ini, wisatawan dapat berkunjung ke Sentra oleh – oleh Bengkulu di Kelurahan Anggut yang berdekatan dengan Kediaman Mantan Presiden Soekarno. Wistawan dapat mendapatkan berbagai macam oleh – oleh khas Bengkulu termasuk Lempuk Durian.

Wisatan juga tidak perlu khawatir akan ketahanan Dodol Durian ini kerana proses pengolahannya yang lama yaitu selama 8 jam sehingga membuat Lempuk Durian ini sangat awet disimpan hingga beberapa bulan, harganyapun tidak begitu mahal yaitu Rp.70.000,- per Kilogramnya. @alib

Editor : more

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *