Alam, Berita, Gerhana Matahari, Pariwisata

ALASAN MENGAPA BENGKULU MENJADI TEMPAT UNIK UNTUK MELIHAT GERHANA

sains-alquran

Kominfonews (04/03) Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 akan melewati sekitar 12 provinsi di Indonesia. Indonesia menjadi negara yang paling beruntung dapat menyaksikan gerhana Matahari total.

Provinsi Bengkulu merupakan provinsi yang pertama kali akan dilintasi Gerhana Matahari secara totalitas pada 9 maret 2016 dengan kepekatan 1,008 magnitudo kategori sangat pekat. Dari 11 provinsi lain di Indonesia. Oleh karenanya disebut lintasan titik nol gerhana matahari total berada di kabupatenuko-muko provinsi Bengkulu.

Tepat dipukul 07.19 puncak nya dimana bulan akan menutupi matahari secara penuh. Fenomena alam yang sangat langka ini akan terjadi selama 1 menit 43 detik. Terkait hal ini Pemprov sudah menyiapkan tempat bagi masyarakat luas untuk dapat menyaksikan GMT dipuncak Benteng Marlborought yang dimulai pukul 06.19 sampai berakhir pukul 08.27 Wib.

Acara akan diawali dgn sholat gerhana bersama kemudian menyaksikan puncak GMT melalui teropong yg sudah disiapkan, dan setelah itu penjelasan ilmiah mengenai GMT.

” ini adalah fenomena alam yg sangat langka dan yg menarik adalah titik nolnya GMT se  indonesia ini berada di kabupaten mukomuko provinsi bengkulu” ungkap Sudoto Asisten administrasi umum setda prop bkl. Beliau juga menghimbau agar masyarakat menggunakan kacamata dan tdk melihat aecara langsung dengan mata telanjang.Selain itu Di Indonesia sendiri Provinsi Yang Paling asik menyaksikan Gerhana Matahari total adalah Bengkulu.

Ada empat alasan Mengapa Bengkulu menjadi tempat unik melihat gerhana matahari total :

PERTAMA ; Bengkulu adalah Provinsi pertama di lintasi oleh gerhana matahari total tepat di Kabupaten Mukomuko.

KEDUA ; Gerhana yang terjadi di Bengkulu adalah gerhana matahari paling sempurna yang tidak akan di temukan di provinsi lain di Indonesia.

KETIGA ; Gerhana yang terjadi di Provinsi Bengkulu adalah Gerhana Ter-Gelap dan terpekat yang akan terjadi di Indonesia.

KEEMPAT ; Menikmati Gerhana matahari total di Bengkulu tepat di tengah pusat wisata Kota Bengkulu di puncak Benteng Marlborought, Pantai panjang, Tapak paderi, Alun alun View tower. (Sri)

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *