Berita

Bengkulu Ekspose Program APBD 2017

whatsapp-image-2016-12-31-at-12-18-48-pm

Kominfonews.(3/1) Ada yang berbeda dengan perayaan semarak akhir tahun di Bengkulu tahun ini. Pemerintah provinsi (Pemprov) Bengkulu membuka secara luas anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2017 untuk dicermati masyarakat secara luas. Anggaran dari seluruh SKPD itu dibentangkan mulai hari ini, sebelum digunakan mulai bulan Januari mendatang.

“Kita buka spanduk raksasa yang berisi kegiatan APBD 2017, sehingga nanti masyarakat bisa melakukan kontrol dan pengawasan agar APBD betul – betul sesuai harapan masyarakat,” ujar Wakil Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, usai menghadiri acara yang bertemakan “Bengkulu Berani Jujur untuk Indonesia Tangguh” di Sport Center, Pantai Panjang Bengkulu, Jumat 30/12.

Rohidin menambahkan, kegiatan ekspose APBD tersebut akan dilaksanakan setiap tahun. Pemprov Bengkulu juga akan menyiapkan posko pengaduan masyarakat, bila ditemukan indikasi pelanggaran penggunaan uang rakyat tersebut.

“Ketika sudah berjalan nanti, dilihat bagaimana pelaksanaan di lapangan, baik dari sisi pemanfaatan maupun kualitas kegiatan, nanti akan kita buka yang namanya manajemen pengaduan masyarakat,” tambah Wagub.

Anggaran yang dipaparkan terutama terkait program-program prioritas Pemprov Bengkulu. “Ini memang tidak ada aturannya, tapi kita ingin tunjukkan bahwa Pemprov Bengkulu berani berkata ujur untuk setiap kegiatan yang menggunakan dana milik rakyat” ungkap Plt Sekda, Sudoto pada acara temu pers.

Provinsi Bengkulu yang dipimpin Ridwan Mukti dan Rohidin Mersyah ini memang tampak serius membangun birokrasi yang bersih. Hanya berselang dua pekan setelah dilantik Presiden bulan Pebruari lalu, Gubernur Ridwan Mukti menggelar penandatanganan pakta integritas, yang diikuti oleh ribuan pegawai negeri se Bengkulu. Acara itu dihadiri Ketua KPK, Kepala BNN, Ketua Ombudsman, dan tokoh anti korupsi Mahfud MD.

Atas permintaan dan inisiatif Gubernur, Provinsi Bengkulu kini mendapatkan supervisi dan pengawasan langsung oleh KPK.@mc  

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *