Kominfonews – (7/3) Menyambut gerhana matahari total yang akan terjadi 9 maret 2016 ini, akan dilaksanakan sholat gerhana di benteng Malborough. Gerhana matahari total (GMT) merupakan salah satu kekuasaan Tuhan dalam penciptaan alam semesta. GMT ini diperkirakan terjadi berkala setiap 33 tahun sekali.

“Sholat gerhana yang akan dilaksanakan di benteng ini akan dihadiri Gubernur Bengkulu Dr. H. Ridwan Mukti, M.H bersama masyarakat Bengkulu dan diperkirakan berjumlah 3000 jamah akan melakasanakan sholat sunah gerhana. Salat sunah gerhana akan dipimpin oleh Imam H.Rusli M. Daud dan Katib Dr. H.Mawardi Lubis,” terang Sudoto Asisten III Bidang Adm. Pemerintahan.

Fenomena GMT merupakan fenomena yang jarang terjadi hanya 33 tahun sekali, GMT sendiri pernah terjadi tahun 1983. Untuk menyaksikan fenomena tersebut Pemda Provinsi Bengkulu menentukan dua lokasi yaitu di Kabupaten Mukomuko dan di Benteng Malborough.

Peritiwa GMT merupakan salah satu kebesaran Allah SWT, yang diterangkan dalam surat Anbiya ayat 33, umat manusia yang taat kepada Allah disunahkan melaksanakan sholat gerhana pada peristiwa tersebut. Peristiwa tersebut merupakan salah satu penyegaran dengan bersyukur agar lebih baik dan menyadarkan makhluk Allah. Untuk meyadarkan kita semua dengan melaksanakan sholat, sujud dan bertaubat kepada Allah SWT, penguasa alam semesta.

“Selain mengamati fenomena gerhana matahari total sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT, kita juga akan melaksanakan sholat sunah gerhana yang akan dilaksanakan di Benteng Malborough,” terang Pjs. Kemenag Provinsi Bengkulu.

Berdasarkan aplikasi di Kemenag dengan Ilmu falak dan alat Steleraium, gerhana matahari ini akan diawali dari Kabupaten Mukomuko, yang merupakan Daerah pertama di Indonesia yang dilewati GMT dimulai pukul 06.19 wib dan sampai di Kota Bengkulu pukul 07.19 wib. @ctr

editor : more