Kominfonews.(29/12) Sebanyak 15 orang Duta Bengkulu pada tahun 2017 mendapatkan kesempatan untuk bertolak ke Benua Eropa yakni ke Negara Turki, setelah dilakukan seleksi secara ketat dan objektif selama ± 5 bulan, oleh tim seleksi yang terdiri dari 3 orang Tim Ahli, Tim Lapangan Media Center (MC) Pemprov Bengkulu bersama Badan Balitbang Provinsi Bengkulu. Sementara penilaian dilakukan dengan 3 komponen, yakni point gagasan utama, kreatifitas produksi dan kualitas presentasi yang ditampilkan via Youtube.

Ke-15 Duta Bengkulu ini merupakan peserta dari hasil seleksi perlombaan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke XV, yang dilaksanakan 24 s/d 31 Juli 2016 lalu.

Rencana keberangkatan Duta Bengkulu tersebut merupakan salah satu program Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti dalam mempromosikan Bumi Rafflesia ke kancah internasional, sehingga Bengkulu semakin dikenal kemudian bermuara terhadap percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini sebelumnya disampaikan Gubernur Bengkulu secara langsung saat membuka PIRN ke-XV lalu, yang intinya memberikan kesempatan kepada seluruh peserta PIRN, baik siswa maupun guru pendamping dari 34 provinsi se Indonesia untuk menjadi Duta Bengkulu di daerah mereka masing – masing.

“Segala hal yang terkait dengan kegiatan positif dan prestasi dari para pemuda akan kita hargai. Dengan begitu, mereka bisa menjadi duta terbaik Bengkulu setelah mendapatkan wawasan usai berkunjung ke Turki,” jelas Gubernur Bengkulu saat ditemui Tim Liputan MC Pemprov Bengkulu, Rabu siang (28/12).

Penilaian secara ketat dan objektif secara resmi telah diumumkan oleh tim seleksi pada Rabu pagi (28/12) oleh anggota Tim Ahli MC Pemprov Bengkulu Rizal Mustari. Menurutnya, penilaian yang dilakukan ± 5 bulan tersebut telah sesuai dengan komponen penilain yang telah ditetapkan serta dilakukan secara objektif, karena 15 Duta yang terpilih tidak hanya berasal dari Bengkulu namun juga dari daerah lain.

“Dari penilaian yang kita lakukan bersama tim, ada 2 orang siswa SMP, 10 orang siswa SMA dan 3 orang guru yang ditetapkan sebagai Duta Bengkulu. Ini jelas akan memaksimalkan nilai jual Bengkulu ke tingkat nasional bahkan internasional,” jelas Anggota Tim Ahli MC Pemprov Bengkulu Rizal Mustari. @rian-MC.  

Download daftar-15-duta-bengkulu-berkesempatan-ke-turki-pada-2017