Kominfonews (12/10). Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu terus bergerak mencari solusi problem infrastruktur dasar yang dialami masyarakat. Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Bengkulu melakukan rapat koordinasi bersama para pemangku kepentingan di Jakarta, Rabu (11/10).

Disampaikan Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Bengkulu memiliki sumber daya ekonomi terpendam yang sungguh luar biasa, salah satunya adalah panas bumi yang berada di Kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong dan Lebong.

“Jumlahnya bisa ratusan mega watt dan ini kan suber daya terbarukan artinya sangat potensial ketika ini di manfaatkan, Bengkulu bisa menjadi lumbung energi,” jelas Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Ditambahkan Plt. Gubernur Rohidin Mersyah, ketika hal ini dapat terealisasi maka pengembangan industri dan sebagainya, apa lagi jika dikoneksikan dengan keberadaan pelabuhan, ditambah ketersediaan listrik yang cukup, maka Bengkulu bisa berkembang secara luar biasa.

“Secara nasional ketika Bengkulu bisa menjadi salah satu lumbung energi, pasti kita berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” terang Plt. Gubernur Rohidin Mersyah dihadapan para undangan Rakor Pengembangan Panas Bumi Proyek Hululais dan Buki Daun PT Pertamina Geothermal Energy.

Namun, ia juga mengingatkan bahwa perlu dilakukan sosialisasi dan pemberdayaan kepada masarakat sebab menurutnya rata – rata geothermal ini berada di kawasan lindung. Ketika dilakukan eksplorasi geothermal, kadang – kadang masyarakat memiliki akses masuk ke kawasan lindung, sehingga terjadi perambahan hutan.

“Saya minta kepada pihak perusahaan social responsbility, pemberdayaan masyarakat sekitar agar mereka tidak masuk ke kawasan lindung ini harus menjadi konsep sejak awal,” tegas Rohidin Mersyah.

Direkur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Irfan Zainuddin dikesempatan ini menyampaikan bahwa kegiatan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) ini merupakan wujud kepedulian terhadap pentingnya pemanfaatan energi untuk pembangunan nasional khususnya Provinsi Bengkulu.

“Dukungan dan sinergi di Provinsi Bengkulu sangat kami harapkan karena apa yang kami lakukan adalah benar – banar untuk kepentingan kita semua khususnya dalam rangka renewable energy di nasional khususnya di Provinsi Bengkulu,” jelas Direkur Utama PGE Irfan Zainuddin.

Tampak hadir dalam rapat koordinasi ini, Ketua DPRD Bengkulu Ikhsan Fajri, Kajati Bengkulu Baginda L. Gaol, Danrem 041/Gamas Kol. Inf. Agung Pambudi, perwakilan Polda Bengkulu Brigpol. Mohamad Arifin, Kadis ESDM Bengkulu Ahyan Endu, Kadis LHK Bengkulu Agus Priambudi, Camat Lebong Selatan Yasir Hadibroto, Camat Lebong Tengah Azhar Amin. Disamping itu, dari PGE sendiri Direktur Eksplorasi & Pengembangan PGE Khairul Rozaq, Corporate Secretary PGE Tafif Azinudin serta para vice president PGE. (Morecka – Media Center Pemprov Bengkulu)