Kominfonews.(13/12) Menurut Pelaksana Tugas  (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, Ade Erlangga, salah satu wujud dalam mendukung pemerintah dalam bidang kepariwisataan, pihaknya akan memfokuskan pengembangan Sekolah Kejuruan (SMK) Pariwisata dengan membentuk Akademi Komunitas Pariwisata.

“SMK Pariwisata akan kita kembangkan menjadi Akademi Komunitas Pariwisata, menjadi Diploma 1 dan 2,” sampainya, saat usai melaksanakan Seminar Nasional, di Bengkulu (10/12).

Untuk itulah, pihaknya nanti akan  minta bantuan dari Kementerian Pendidikan Tinggi, bagaimanan hal tersebut terwujud dengan membantu pengembangan Akademi Komunitas Pariwisata tersebut di Bengkulu.

Tahap berikutnya, Ade menambahkan,  kita juga  akan mengembangkan SMK  Kemaritiman atau Kelautan dan SMK Agro Industri, dimana ketiga kejuruan tersebut, Pariwisata, Kemaritiman dan Agro industri,  merupakan salah satu visi dari Gubernur Bengkulu.

 “Kita akan coba menambah Kejuruan Kemaritiman dan Agro Industri, hal itu selaras dengan program  Gubernur kita,” sebutnya.

Sementara itu, menurut Deputi Bidang Kelembagaan Kepariwisataan Kemenpar RI, Prof. Ahman Sya, pihaknya akan membahas bagaimana mengembangkan SMK Pariwisata  yang unggulan, dengan mengupayakan berdirinya Akademi Komunitas Pariwisata di daerah yang memiliki destinasi wisatanya, serta mengadakan program sertifikasi kompetensi di Bidang Kepariwisataan.

“Bukan hanya menyasar pada pendidikannya langsung, tapi juga akan memmfokuskan pada program-program  sertifikasi kompetensi pariwisata untuk lulusan SMK dan Perguruan Tinggi Pariwisata,” ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, Mereka juga akan diberikan pelatihan dasar SDM kepariwisataaan, serta juga ada program pembudayaaan pariwisata dan gerakan sadar pariwisata. (gempo88)