Kominfonews.(20/11) Setelah resmi membuka Bengkulu expo 2016, MentriKoperasidan UKM Anak  Agung Gede Ngurah Puspayoga didamping Gubernur Bengkulu meninjau langsung pameran yang digelar dikomplek  sport center pantaiPanjang Bengkulu.

Stand Kain Basurek yang berada tepat di depan pintu masuk tenda pameran mendapat perhatian khusus darimenkop UKM puspayoga beserta rombongan. Beberapa kain basurek yang dipamerkan di Bengkulu expo merupakan koleksi Istrigubernur Bengkulu lili ridwan mukti. Selain kain basurek lawas dipajang juga kain basurek modifikasi yang berisi sajak gurindam 12.

Dalam perhelatan Bengkulu expo 2016 juga dipamerkan ayam Brugo, ayam khas Bengkulu hasil persilangan ayam hutan asli dan ayam kampung. Ratusan ayam bertengger rapi dibawah tenda yang telah disediakan panitia untuk lokasi eksebisi.

Mentri puspayoga dan gubernur ridwan Mukti juga sempat berfoto bersama dengan ayam brugo yang bertengger jinak di lengan. Ayam ini dicanangkan menjadi cinderamata khas provinsi Bengkulu, ditandai dengan pemberian oleh – oleh ayam brugo dari komunitas pecinta ayam brugo kepada mentri berdarah bali ini.

Bengkulu expo ini merupakan salah satu awal dari promo menuju visit 2020 wonderful Bengkulu yang akan menampilkan 52 festival besar. Menurut puspayoga Bengkulu memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi tujuan pariwisata dan hal tersebut akan dapat mengatasi masalah ketertinggalan dan kemiskinan yang menjadi masalah utama provinsi ke 26 di republik Indonesia ini.

“ Kalau pariwisata berkembang otomatis ukm akan berkembang dengan sendirinya. Kalau ukm berkembang tentunya lapangan kerja meningkat dan yang namanya pengangguran pasti menurun, kalau pengangguran menurun kemiskinan juga akan menurun”, tutup menteri yang pernah menjabat  walikota  Denpasar Periode 2000-2008.@mc