Kominfonews (16/10). Provinsi Bengkulu melalui Dinas Ketahanan Pangan menargetkan juara pertama Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat nasional di Kalimantan Barat. Lomba dalam rangka peringatan hari pangan sedunia ke-37 ini, bakal berlangsung pada 19-22 Oktober mendatang.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Provinsi Bengkulu Eva Rini, target tersebut tidak muluk-muluk, mengingat Provinsi Bengkulu dalam tiga tahun terakhir selalu juara nasional dalam event tahunan yang diselenggarakan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI.

Pada peringatan hari pangan tahun 2014 lalu yang digelar di Makasar, Provinsi Bengkulu ditetapkan sebagai juara pertama lomba cipta menu B2SA. Pada tahun 2015 di Palembang Sumatera Selatan, Bengkulu keluar sebagai juara dua. Sedangkan tahun 2016 mendapat juara ke tiga di Boyolali Jawa Tengah.

Lomba cipta menu ini, tambah Eva Rini, sebagai upaya mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat khususnya ibu rumah tangga dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu beragam bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal dengan pangan sumber karbohidrat selain beras dan terigu.

Tahun ini, lanjut Eva Rini, Bengkulu yang diwakili tim penggerak PKK Kabupaten Bengkulu Tengah yang juga merupakan juara pertama lomba cipta menu tingkat provinsi tahun 2016. Perwakilan Bangkulu akan menyajikan menu diantaranya, Abon Jantung Pisang, Dendeng Jamur Gerigit, Nasi Kamer (Talas Sawut dan Kacang Merah), Lemang Keladi Isi Ayam dan Minuman Buah Undak Kalamansi yang berisi Pepaya, Melon, Mangga dan air Jeruk Kalamansi.

Selain mengikuti lomba cipta menu, Dinas Ketahanan Pangan juga membuka stand pada pameran yang bertempat di komplek Kodam XII Tanjung Pura Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.

Berbagai produk pertanian dan bahan olahan khas Bengkulu seperti buah Mangga Bengkulu, Jeruk Gergah, Sawo, Kentang Merah Lempuk, Sirup Kalamansi, Kopi, Olahan Tepung Ganyong, Tepung Mokaf, Kerupuk Pisang Enggano, Dodol Pepaya dan beberapa produk unggulan dari kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Partisipasi Bengkulu dalam peringatan hari pangan sedunia (HPS) ini, diharapkan mendorong terwujudnya ketahanan pangan serta sebagai sarana promosi dan interaksi bisnis yang efektif bagi pengembangan produk pangan dan teknologi unggulan provinsi Bengkulu. (Fredy-Media Center Pemprov Bengkulu)