LOGO-KEMENTERIAN-PERHUBUNGAN

KOMINFO

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu merupakan dinas teknis yang menangani sektor Perhubungan, Komunikasi dan Informatika,  memiliki peran yang sangat penting terhadap pembangunan daerah serta memiliki peranan penting dalam membangun karakter masyarakat yang berwawasan informasi dan komunikasi.

Kebijakan RPJMD Provinsi Bengkulu 2010-2014 pada bidang transportasi diarahkan pada upaya meningkatkan infrastruktur (prasarana dan sarana) untuk memudahkan akses bagi pergerakan orang dan barang dari dan menuju Provinsi Bengkulu, meningkatnya akses ke sentra-sentra produksi dan peran serta masyarakat dalam pembangunan dan penyelenggaraan jasa transportasi.

Sedangkan pada bidang Komunikasi dan Informatika diarahkan pada upaya untuk mengembangkan infrastruktur sampai ke daerah terisolir, terpencil, kepulauan dan daerah transmigrasi agar dapat meningkatkan akses pelayanan kepada masyarakat serta meningkatnya peran teknologi informasi dan telekomunikasi dalam menunjang percepatan pembangunan daerah.

Tugas :
Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu mempunyai tugas : membantu Gubernur dalam melaksanakan urusan otonomi daerah dibidang perhubungan, komunikasi dan informatika.
Fungsi :
Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu menyelenggarakan fungsi, sebagai berikut:

  1. Perumusan program dibidang perhubungan, komunikasi dan informatika sesuai Rencana Strategis Daerah;
  2. Perumusan kebijakan teknis di bidang perhubngan, komunikasi dan informatika;
  3. Pemberian perizinan dan pelaksanaan pelayanan umum dibidang perhubungan, komunikasi dan informatika berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  4. Pembinaan teknis dibidang perhubungan, komunikasi dan informatika;
  5. Pembinaan unit pelaksana teknis dinas;
  6. Pembinaan kelompok jabatan fungsional;
  7. Pelaksanaan ketatausahaan;
  8. Pelaksanaan Tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai tugas dan fungsi.

Visi :
“Terwujudnya infrastruktur dan pelayanan transportasi, komunikasi dan informatika yang handal untuk menunjang pembangunan daerah menuju masyarakat yang lebih maju dan sejahtera”

Misi :
Dalam mengujudkan visi tersebut diatas Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu mempunyai misi sebagai berikut:

  1. Mengembangkan dan meningkatkan kapasitas infrastruktur;
  2. Meningkatkan sinergi pembangunan lintas sektor dan lintas daerah;
  3.  Mengembangkan jaringan transportasi, komunikasi dan informatika sampai keseluruh pelosok daerah.
  4. Meningkatkan profesionalisme SDM aparatur, penyedia jasa dan masyarakat pengguna jasa yang beriman dan bertaqwa;
  5. Meningkatkan partisipasi dunia usaha dan masyarakat dalam pembangunan dan penyelenggaraan jasa transportasi, komunikasi dan informatika.
  6. Meningkatkan kualitas pelayanan informasi dan komunikasi kepada masyarakat;

Silakan klik www.dishubkominfo.bengkuluprov.go.id untuk informasi lebih detail