Kominfonews (13/10). Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Pembangunan Kesejahteraan Sosial se-Provinsi Bengkulu. Rakor ini digelar di salah satu hotel Kota Bengkulu, Jumat (13/10).

Rakor yang diikuti oleh Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perencanaan Dinsos Kabupaten dan kota, seluruh Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) serta operator Sistim Imformasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) se-Provinsi Bengkulu ini, diselenggarakan selama dua hari (12-13 Oktober 2017).

Rakor ini, lebih mengarah ke validasi dan verifikasi data warga miskin yang ada di kabupaten dan kota, sehingga dengan validnya data warga miskin yang ada, penganggaran yang ada di Pemda Kabupaten/kota dapat direncanakan sesuai data dan tidak saling bertabrakan penganggarannya.

“Kita lakukan Rakor untuk bagian perencanaan, agar dapat mengacu kepada peraturan yang berlaku dalam penganggaran untuk warga miskin yang ada,” kata Kepala Dinsos Provinsi Bengkulu Iskandar ZO, saat menutup Rakor tersebut.

Untuk memudahkan dalam komunikasi dan monitoring, dirinya meminta agar seluruh Kasubag perencanaan yang ada di kabupaten/kota dapat menggunakan tekhnologi media, agar seluruh kegiatan dapat termonitor dengan seksama.

“Habis Rakor ini saya minta agar dibentuk group Whatsapp/WA, karena media tersebut menjadi alat monitoring dan evaluasi Kepala Dinas kabupaten/kota, terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinsos Provinsi,” kata Iskandar.

Dengan tekhnologi tersebut (WA: red), tambah Iskandar, dapat mempermudah dalam mengimplentasikan seluruh program yang telah direncanakan.

Apalagi sekarang, kata Iskandar lagi, telah banyak aplikasi yang dikeluarkan oleh kementerian sosial, seperti SIKS yang dapat mempermudah daerah dalam mengurus masalah sosial yang ada di wilayahnya masing-masing.(Saipul-Media Center Pemprov Bengkulu)