Kominfonews (25/11/17). Membangun Provinsi Bengkulu dan meningkatkan perekonomian, menurut Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah jelas membutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Bumi Rafflesia, termasuk dari Ikatan Keluarga Seluma Manna Kaur (Ika SeMaKu) Provinsi Bengkulu. Menggelar Turnamen Catur, Ika SeMaKu diimbau untuk meneladani Filosofi olahraga Catur mengambil peran strategis membangun daerah.

“Kontribusi untuk Bengkulu itu nyata. Sehingga nama besar SeMaKu itu betul-betul dirasakan masyarakat Bengkulu, bahkan Indonesia. Tidak menutup kemungkinan peluang-peluang seperti itu, kalau filosofi catur itu melekat dalam kepribadian kita masing-masing,” ungkap Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada Pembukaan Turnamen Catur SeMaKu Cup I 2017, Jum’at (24/11).

Lanjut Rohidin Mersyah, turnamen Catur yang diselenggarakan Ika SeMaKu tersebut diharapkan tidak berhenti begitu saja. Lantaran ajang seperti ini jelas memberikan suport pemerintah daerah dalam mencetak bibit unggul Altet Catur yang akan mengharumkan nama Bengkulu di kemudian hari.

“Saya harapkan ajang seperti ini tidak berhenti begitu saja, karena ini menjadi salah satu wadah dalam mencari dan mencetak Atlet Catur Berprestasi yang akan mengharumkan nama Bengkulu,” pungkasnya.

Dijelaskan Ketua Panitia Turnamen Catur SeMaKu Cup I 2017 Irpanadi, ajang seperti ini akan diupayakan pihaknya akan terus berlanjut minimal 1 tahun sekali, seperti pada kesempatan kali ini dalam memeriahkan HUT Ke-49 Provinsi Bengkulu.

“Kita berupaya semaksimal mungkin turnamen catur ini akan diselenggarakan dalam setiap tahunnya minimal 1 tahun sekali. Ini juga salah satu bentuk dukungan kita kepada pemerintah daerah dalam menggeliatkan kembali olahraga catur di Bengkulu,” terang Irpanadi.

Upaya membangkitkan kembali olahraga catur di Bengkulu, Kadispora Provinsi Bengkulu Meri Sasdi mengatakan, bersama KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Provinsi Bengkulu pihaknya akan mendukung penuh hal tersebut.

“Catur ini kan ada di Bengkulu sangat potensial sekali seperti arahan Plt Gubernur tadi. Jadi ini harus kita dukung melalui pendanaan KONI dalam bentuk hibah dan Dispora akan memback-up semua olahraga di Bengkulu termasuk Catur ini,” jelas Meri Sasdi.

Turnamen ini sendiri diikuti oleh 76 peserta, yaitu perwakilan dari Kota Bengkulu 43 orang, Kabupaten Seluma 10 orang, Kaur 7 orang, Kepahiang 6 orang, Bengkulu Selatan dan Bengkulu Tengah masing-masing 3 orang, Rejang Lebong 2 orang serta Bengkulu Utara dan Mukomuko masing-masing 1 orang.

Turnamen Catur SeMaKu Cup I 2017 ini dilaksanakan selama 2 hari (24-25 November 2017), memperebutkan Tropy dan Piagam Penghargaan serta hadiah dengan total 20 juta rupiah. (Rian-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu).