Kominfonews (03/8). Kepala Satuan Polisi Pamongpraja Pemprov Bengkulu Juniwanto, turut prihatin Kondisi Resimen Mahasiswa (Menwa) yang jumlah kian berkurang di beberapa kampus. Juniwanto berharap tahun depan pihak kampus dapat  kembali mengaktifkan Menwa di setiap kampus.

Hal ini disampaikan saat memberikan kata sambutan pada Pelantikan Komandan Resimen Mahasiswa Provinsi Bengkulu periode 2017 – 2020 serta Pelantikan dan pengukuhan Forum Bela Negara Provinsi Bengkulu dan Kabupaten/Kota, Kamis (3/8) bertempat di ruang serbaguna Pemprov Bengkulu.

Pada acara ini, hadir juga diantaranya Direktur Bela Negara Kemenhan Laksamana TNI Muhammad Faisal, Ketua DPW FBN RI dan Menwa Ruslan Wijaya, Anggota DPD RI Ahmad Kennedy, selain itu juga hadir Brigjen Purn. Iskandar Ramis serta undangan lainnya.

“Mari secara bersama – sama kita Provinsi Bengkulu, Menham, pihak kampus bersama – sama melaksanakan pendidikan dasar kemiliteran atau Diksarmil,” jelas Ka. Satpol PP Juniwanto.

Menurut Juniwanto, interokspeksi diri secara terbuka merupakan sikap yang elegan yang bukan berarti kalah dari kecenderungan situasi yang nampaknya kurang kurang memihak kepada menwa.

“Pemikiran untuk menjadikan Menwa sebagai organisasi yang lebih matang, solid dan independen sangat diperlukan,” ungkap Juniwanto.

Terkait dengan berdirinya Forum Bela Negara, Provinsi Bengkulu Pemerintah Daerah menyambut positif. Dalam wawasan bela negara bahwa warga negara dapat melakukan baik secara fisik maupn non fisik membela negara secara fisik diantaranya dengan cara perjuangan menggunakan senjata dari serangan negara asing demi kedaulatan bangsa.

Sedangkan non fisik diartikan suatu tindakan bangsa serta kedaulatan negara melalui proses penguatan nasionalisme, salah satunya adalah berperan aktif dalam kemajuan bangsa dan negara.

“Ini merupakan wujud kecintaan seorang warga negara kepada tanah airnya yang sudah memberikan kehidupan kepadanya, hal ini terjadi sejak seseorang lahir hingga tumbuh dewasa,” tambah Ka. Satpol PP Provinsi Bengkulu.

Komandan nasional Menwa Ahmad Riza Patria mengngkapkan keberadaan Resimen Mahasiswa sesungguhnya di banyak daerah sudah sangat berkembang dengan baik dan aktif di seluruh Provinsi dengan lebih dari 300 satuan di seluruh Indonesia.

“Tugas kita kedepan memang sangat berat di era globalisasi dan tantangan juga radikalisme yang berkembang, mudah – mudahan Menwa bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara khususnya di Provinsi Bengkulu ini,” Ahmad Riza Patria.

Selain Pelantikan Komandan Resimen Mahasiswa Provinsi Bengkulu periode 2017 – 2020 serta Pelantikan dan pengukuhan Forum Bela Negara Provinsi Bengkulu dan Kabupaten/Kota, pada kegiatan ini juga diisi dengan diskusi panel terbuka yang diantaranya membahas pentingnya bela negara dalam menghadapi era globalisasi guna mempertahankan NKRI. (Morecka – Media Center Pemprov Bengkulu)