Bengkulu – Pemerintah Provinsi Bengkulu mengapresiasi gerakan Bersih Indonesia yang dilakukan GenBI (Generasi Baru Indonesia) Bengkulu. Aksi kepedulian terhadap lingkungan itu, diharapkan mampu merangsang kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar maupun ruang publik. Selain mengapresiasi gerakan tersebut, Pelaksana tugas Gubernur Rohidin Mersyah juga menerangkan telah diterbitkannya peraturan daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok sejak Agustus 2017, dan bakal diterapkan.

“Kita mulai saja dengan hal-hal kecil, seperti membiasakan memungut sampah kita sendiri untuk dibuang pada tempatnya. Kemudian Perda Kawasan Tanpa Rokok juga akan kita terapkan. Ini kita senam bersama di tempat wisata, masih saja ada yang merokok,” ucap Rohidin Mersyah saat membuka kegiatan Bersih Indonesia bersama GenBI di Pantai Panjang Kota Bengkulu, Minggu (24/12/2017).

Dijelaskan Rohidin, terdapat beberapa kawasan yang seharusnya terbebas dari asap rokok, seperti lingkungan kantor pemerintahan dan pelayanan publik, tempat layanan kesehatan, tempat ibadah, angkutan umum, ruang publik, dan sekolah atau tempat pendidikan lain. Meski bentuk regulasinya adalah peraturan daerah, namun tegasnya, kesadaran diri untuk peduli lingkungan dan kesehatan bersama adalah kuncinya. Pemerintah juga akan sosialisasi peraturan tersebut.

“Kalau untuk di sekolah kita tekankan betul untuk tidak merokok, ini terkadang gurunya melarang murid merokok tapi di ruangan kantor dia malah merokok. Sama saja di kantor pemerintahan, kalau mau merokok cari tempat lain keluar lingkungan kantor,” ujarnya.

Sebelumnya, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Selamet Sudiarto menerangkan GenBI merupakan kumpulan mahasiswa peraih beasiswa dari Bank Indonesia yang dibina dan dipersiapkan menjadi calon pemimpin dan peduli dengan lingkungan. GenBI juga sebagai wadah menyalurkan kreatifitas dan ide serta gagasan kaum muda yang berprestasi.

“Mereka yang membuat rencana aksi dan melakukan aksi nyata, pemberdayaan serta melakukan perubahan-perubahan ke arah positif salah satunya tentang lingkungan,” kata Sudiarto dengan menerangkan gerakan Bersih Indonesia 2017 GenBI Bengkulu dipusatkan di Pantai Panjang, sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap program Visit Wonderful Bengkulu 2020, serta visi misi Bengkulu Sehat. (Jamal-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)