Kominfonews (12/08) Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti akan memperjuangkan Bengkulu menjadi embarkasih haji penuh. Hal ini disampaikan Gubernur saat melepas calon jamaah haji kloter 3, Kamis malam (11/8).

“Kita terus berjuang dengan memenuhi standar – standar yang ditetapkan Insya Allah kita dapat mencapai harapan – harapan, hingga kedepan kita sudah bisa menerbangkan jamaah haji kita dari Provinsi Bengkulu,” ungkap Gubernur Bengkulu.

Selain itu Gubernur juga menjelaskan bahwa untuk menjadi embarkasih haji penuh membutuhkan persiapan yang matang, selain kesiapan bandara Fatmawati Bengkulu juga fasilitas asrama haji Bengkulu.

“Banyak yang harus kita persiapkan tidak hanya bandara, tetapi juga asrama haji untuk memenuhi standar – standar embarkasih,” jelas Gubernur.

Sebelumnya Bengkulu menjadi embarkasih haji antara melalui surat keputusan (SK) Menteri Agama RI Nomor :142 tahun 2013 tanggal 23 Juli 2013 tentang penetapan Embarkasih Haji Antara Provinsi Bengkulu.

Pada pemberangkatan jamaah haji kloter 3 ini berjumlah total 455 jamaah yang berasal dari Kota Bengkulu 237 jamaah, Seluma 135 jamaah, Bengkulu Tengah 72 jamaah dan Rejang Lebong 2 jamaah termasuk 4 orang TPHD dan 5 orang petugas kloter.

Dengan rincian jenis kelamin laki – laki berjumlah 194 orang dan perempuan berjumlah 256 orang. Untuk jamaah termuda kloter 3 ini adalah Yuliani Arif Hanafi berumur 29 tahun asal Kabupaten Seluma, sedangkan yang tertua adalah Tahibun Damatil Harjaim 86 tahun asal Bengkulu Tengah.

Kloter 3 ini akan menempati pondokan di Mekah dengan maktab No. 07 Nomor hotel 509 50 2 hotel ilayah Jarwal, Syisyah dengan jarak 2,5 km dari Mekah.

Kepada jamaah haji Gubernu RM menitipkan doa agar Bengkulu dikemudian hari menjadi Provinsi yang maju dengan didukung semua eleman baik Pemerintah Daerah maupun masyarakat. More/herri