Gubernur Bengkulu Laksanan Solat Sunah Gerhana Di Benteng Malborough

Kominfonews – (9/3) Gubernur Bengkulu Dr. H. Ridwan Mukti, M.H bersama FKPD Provinsi Bengkulu di Benteng Malborogh dihadiri tokoh masyarakat dan pelajar di bengkulu. Turut hadir juga ketua DPR RI Dr. H. Ade Komarudin dan tokoh nasional Agung Laksono.

Menonton dan menyaksikan gerhana matahari di Provinsi Bengkulu dipusatkan  di Benteng Malboroguh, GMT juga melintasi belasan kota di Indonesia dan Bengkulu merupakan Daerah pertama yang dilintasi GMT.

“Fenomena alam GMT bisa kita lihat dari 3 dimensi yakni dimensi religi dengan bersykur dan bersujud atas kuasa tuhan, yang kedua dimensi ilmu pengetahuan, GMT ini merupakan fenomena alam yang sangat langka, bagi ilmuwan ini merupakan suatu fenomena alam yang menarik untuk diteliti ,dan terakhir dimensi hiburan GMT ini merupakan suatu hiburan bagi masyarakat Bengkulu,” ungkap Gubernur Bengkulu.

Dengan adanya GMT memperkenalkan destinasi wisata bengkulu di ranah internasional. Pengamatan GMT di provinsi bengkuku dipusatkan di benteng malborough kaerana  benteng malborough memiliki akar sejarah yang panjang bagi bengkulu ,dan juga benteng malborough ini agar lebih dikenal dikenal luas, walaupun saat ini benteng malborough cukup terkenal,” ujar Gubernur Bengkulu.

Fenomena gerhana matahati total ini merupakan salah satu kehendak Allah SWT, dan kita dianjurkan jika ada gerhana matahari ataupun gerhana bulan untuk berdoa dan melaksanakan solat sunah gerhana.

“Matahari, bulan dan planet merupakan makhluk ciptaan tuhan. Sesungguhnya kehadiran matahari bulan merupakan tanda kekuasan Allah. Gerhana matahari atau bulan bukan merupakan tanda kematian atau kehidupan seseorang, maka kita berdoa. Kita bisa mengambil hikmah jika terjadi gerhana matahari kita harus bersyukur,” jelas maeardi lubis

Salat gerhana di pimpin oleh imam besar Masjid Raya Baitul Izzah Rusli M. Daud, dan Katib. Dr. Mawardi Lubis. Setelah melaksanakan solat sunah gerhana rombongan melanjutkan pengamatan gerhana matahari total di benteng malborough. @ctr

editor : more