Kominfonews (15/11). Memperingati hari kesehatan nasional ke 53, pemerintah Provinsi Bengkulu gelar  upacara bertempat di halaman rumah sakit umum daerah M.  Yunus.

Plt Sekda Gotri Suyanto yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan menteri kesehatan Nila Farid Moeloek yang pada peringatan HKN kali ini mengambil tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”.

Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah perilaku keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu.

“Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya dilingkungan keluarga,” seru Gotri saat membacakan sambutan menteri kesehatan.

Menanggapi hal tersebut,  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, masing masing rumah akan dilakukan pendataan 12 indikator kesehatan,  dan akan dilakukan intervensi jika ditemukan masalah kesehatan di tingkat keluarga.

“Kita ingin setiap keluarga menjadi keluarga sehat,” ujar Herwan Antoni usai upacara peringatan HKN

Selain itu Dinas Kesehatan telah mensosialisasikan program gerakan masyarakat hidup sehat dengan melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, konsumsi buah dan sayur secara rutin,  melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur minimal enam bulan sekali,  tidak merokok dan minuman alkohol. (Fredy-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)