Berita

Job Fair Efektif Tekan Angka Pengangguran

jobnnn

Kominfonews.(31/8)-Masih terbilang tingginya angka pengangguran di Provinsi Bengkulu mendapat tanggapan serius dari Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti. Hal ini tampak dari dukungan dan  apresiasi yang Gubernur sampaikan dalam acara Job Fair dan Bazar Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) periode XVII Universitas Prof. Hazairin (Unihaz) Provinsi Bengkulu, pada senin pagi (29/08)

Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti mengatakan, sudah bukan rahasia umum lagi jika adanya kekhawatiran dari mahasiswa yang susah untuk mendapatkan pekerjaan setelah mereka lulus kuliah. Namun dengan adanya ajang Job Fair ini, bisa memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menggali potensi diri atas dunia kerja.

“Untuk menepis keraguan itu Universitas Hazairin Bengkulu mampu menyikapi kepekaan secara batin, yakni kegalauan mahasiswa mampu direspon oleh pihak kampus dengan digelarnya Job Fair,” jelas Gubernur Bengkulu yang akrab disapa Pak RM, saat menyampaikan sambutannya.

Di sisi lain, salah satu upaya lembaga pendidikan dalam menekan angka pengangguran di Bengkulu juga mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Pemda Provinsi Bengkulu. Ditambahkan Gubernur Bengkulu RM, dinas teknis terkait seperti Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Perindag diminta untuk menyikapi permasalahan pengangguran ini secara serius, yakni dengan mengoptimalkan kegiatan Job Fair dan koordinasi terhadap pihak perusahaan dalam hal penyaluran tenaga kerja serta optimalisasi industry rumah tangga.

“Tindak lanjut dari kegiatan seperti ini, nanti kita minta kepada dinas teknis seperti dinas tenaga kerja untuk membangun kerjasama secara teknis, untuk membuat aksi dalam menekan angka pengangguran,” tutup Gubernur.

Sementara itu menanggapi apresiasi yang disampaikan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti, Rektor Unihaz Bengkulu Yulfiperius menyatakan, pihaknya siap untuk membantu pemerintah daerah dalam menekan angka pengangguran di Bengkulu.

“Walaupun Job Fair seperti ini baru pertama kali kami laksanakan, kedepan apa yang apresiasikan Gubernur akan kami tindak lanjuti dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja,” jelas Yufiperius yang juga merupakan anggota Tim Pansel Lelang Jabatan Sekda Provinsi Bengkulu.

Untuk diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu saat ini tingkat pengangguran di Bengkulu telah menembus angka 46.700 jiwa dari jumlah penduduk 1.844.788 jiwa. Tingkat pengangguran tertinggi didominasi oleh pencari kerja lulusan SLTA dengan persentase 47,6 persen dan ditingkat kedua penggangguran atau pencari kerja dari lulusan Perguruan Tinggi sebesar 24,7 persen. @rian-MC.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *