Kominfonews (27/10). Kain besurek memiliki keunikan khas yang jarang dijumpai pada batik-batik lain di berbagai daerah. Hal ini diakui salah satu anggota Peguyuban Batik Sekar Jagad Ahmad Thohari saat berkunjung ke stand Kain Besurek Dinas Perindustruan dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, di Festival Jogja Kota Batik Dunia.

“Besurek adalah batik yang istimewa, keunikannya ada di kaligrafi arabnya,” ujar Thohari sambil melihat koleksi Kain Besurek.

Selain itu, Thohari juga menyarankan, agar Kain Besurek lebih menwan perlu ada sentuhan dari para desainer, sehingga bisa dikombinasikan dengan ornamen-ornamen khas Bengkulu lainnya.

“Perlu sentuhan desainer sehinggga Batik Besurek makin berkembang dan diminati oleh masyarakat seluruh Indonesia,” Tambah Thohari.

Hal serupa juga diungkapakan oleh istri Kepala Dinas Perindustrian dan Pedagangan DIY, Rini Dewi Budi Antono. Menurut Rini, Kain Besurek memiliki corak yang khas khususnya kaligrafi arabnya.

“Motifnya asik, menarik, interesnya ada, memiliki khas tersendiri,” ujar Rini yang mengaku baru pertama melihat kain khas Bengkulu tersebut.

Rini mengucapkan terima kasih pada pemerintah Provinsi Benglulu, atas partisipasinya dalam even yang bertajuk “Batik To The Moon” tersebut.

Melihat antusias pengunjung, Ketua Dekranas Provinsi Bengkulu, pada saat pembukaan, akan terus mensupport pengembangan Kain Besurek.

“Istri wakil gubernur DIY Paku Alam X sangat tertarik dengan kain besurek, bahkan beliau beli kain besurek khas Bengkulu,” ujar Derta Wahyulin Rohidin Mersyah.

“Saya sangat mensupport dan semoga penggembangan kain besurek lebih baik lagi kwalitasnya, motif lebih terarah lagi, kita upayakan bikin pelatihan-pelatihan untuk pengrajin biar lebih baik lagi,” tambahnya.

Festival Jogja Kota Batik Dunia ini, digelar selama 5 hari 25 Oktober hingga tanggal 29 Oktober 2017 di Jogja Expo Center (JEC).

Selama acara tersebut, pengunjung salain dapat melihat koleksi batik berkelas juga bisa mentaksikan Fashion Show Batik, Batik Parade di sepanjang jalan Malioboro dan persembahan menarik lainnya. (Media Certer, Humas Pemprov Bengkulu)