Ketua DPR Ade Komaruddin beserta rombongan akan menyaksikan fenomena alam langka yakni gerhana matahari dari Benteng Fort Malborough, Bengkulu, tanggal 9 Maret besok. Selain sejumlah pejabat dari Jakarta, nonton bareng gerhana matahari yang dipusatkan di benteng peninggalan bersejarah kerajaan Inggris itu juga akan disiarkan langsung oleh sejumlah stasiun televisi nasional.

“Pak Ketua DPR sudah mengkonformasi untuk tiba di Bengkulu hari ini (Selasa), begitu pula para kru televisi yang akan live seperti RCTI, MNC TV, Global TV dan lain-lain” ungkap protokoler Pemprov Bengkulu, Ferry Ernez Parera yang dihubungi Selasa pagi.

Gubernur Bengkulu Dr. H. Ridwan Mukti, S.H dan Wakil Gubernur Dr. Drh. H. Rohidin Mersyah, MMA juga dipastikan hadir bersama sekitar 3000 warga Bengkulu dan para wisatawan yang ingin menyaksikan fenomena alam yang telah dinanti-nanti itu. Dengan diselenggarakan di Benteng Malborough, maka ajang nonton bareng gerhana matahari di Bengkulu dipastikan akan tampak berbeda dengan daerah-daerah lain di Indonesia yang umumnya menyaksikan dari kawasan pantai dan laut.

Benteng Marlborough yang dibangun saat penjajahan Inggris pada tahun 1714 ini adalah salah satu obyek wisata tertua yang indah dan menjadi kebanggaan warga Bumi Rafflesia. Dari dalam benteng dengan posisi yang lebih tinggi, pengunjung juga bisa melihat langsung bentangan pantai dan Samudra Hindia di bagian baratnya sehingga kemunculan gerhana bisa dinikmati dengan pemandangan indah di benteng dan daerah sekitarnya. Masyarakat dan para wisatawan juga akan semakin menikmati suasana karena akan dihibur oleh musik tradisional dol.

Gerhana matahari total di Provinsi Bengkulu diperhitungkan akan lebih cepat beberapa detik dibanding daerah – daerah lain di sekitarnya, seperti Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. @timkominfonews

editor : more