Kominfonews.(17/05)Kominfo harus mampu menjadi inisiator penggerak dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar mulai mengolah OPD itu berbasis Website. Misalnya seperti pengelolaan pegawai, pengelolaan anggaran, kesehatan, pendidikan berbasis Website. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat mengikuti Rapat Koordinasi Bidang Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu 2017.

Wagub Rohidin Mersyah sendiri mengapresiasi Rakor ini, menurutnya dengan dilakukannya kegiatan tersebut dapat meningkatkan sinergitas antar Pemerintah Provinsi yang merupakan perpanjangan tangan Pemerintah pusat dengan Kabupaten/Kota.

“Ada kebanggan tersendiri bagi saya ketika hadir dalam acara – acara rakor seperti ini apalagi peserta rapatnya betul – betul representasi dari daerah Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu,” jelas Wagub Rohidin saat menyampaikan kata sambutannya, Selasa (16/5).

Kominfo, tambah Wagub harus bisa menyajikan menyajikan data, informasi terkait semua sektor sehingga ketika membuka informasi tentang Bengkulu yang tentunya melalui Kabupaten/Kota ini bisa disajikan baik dari sisi potensi maupun program maupun produk – produk unggulan.

“Saya kira Kominfo harus bersinergi dengan semua sektor, sekali lagi apa yang terjadi dengan perkembangan Bengkulu itu bisa dipantau, jadi penggunaan Web, Blog dan sejenisnya itu saya kira sudah menjadi sebuah kebutuhan,” tambah Rohidin Mersyah.

Wagub pun juga mengharapkan Kominfo dapat membranding Bengkulu agar mendapat sorotan yang positif secara nasional, melalui data terbaru yang menarik dan memiliki nilai jual yang mampu mengedukasi masyarakat maupun nilai dalam potensi investasi.

“Orang akan melihat potensi di Bengkulu ini kan bisa menjadi pintu masuk, sehingga melalui Web itu yang sekali lagi dikembangkan oleh Kominfo ini menjadi pintu masuk bagi pihak lain agar punya kemauan untuk masuk ke Provinsi Bengkulu,” jelas Wagub Rohidin Mersyah.

Rapat Koordinasi Bidang Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu 2017 ini bertujuan untuk menyusun rencana dan melakukan sinkronisasi antara pemerintah pusat, Kabupten/Kota khususnya di sektor komunikasi, informatika dan statistik yang berorientasi pada pencapaian 5 Program Prioritas Bengkulu.

Dengan mengambil tema Pembangunan jaringan teknologi informatika dan komunikasi menuju visit Bengkulu 2020 Woderful Bengkulu, selain menghadirkan Kabag Kerjasama Lintas Sektoral dan Daerah Biro Perencanaan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI James Simatupang sebagai narasumber, Rakor yang juga dihadiri Kepala Diskominfo dan Statistik Eddy Prawisnu ini juga diikti oleh  70 orang peserta, yang terdiri dari Diskominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu berjumlah 38 orang.

Sedangkan Diskominfo dan Statistik Kabupaten/Kota berjumlah 26 orang, Komisi Informasi Provinsi Bengkulu 2 orang, Komisi penyiaran Daerah Provinsi Bengkulu berjumlah 2 orang serta Badan Perancanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Bengkulu berjumlah 2 orang. (Morecka-Media Center Pemprov)