Kominfonews (12/10). Peserta Pekan Olahraga Tradisional V Tingkat Nasional dari perwakilan 25 provinsi berhasil menunjukkan kemampuannya dalam beberapa cabang olahraga tradisional yang dilombakan.

Rangkaian Pekan Olahraga Tradisional V Tingkat Nasional tahun 2017 yang diselenggarakan selama dua hari di Provinsi Bengkulu ini berlangsung sukses.

Pada acara penutupan Plt Gubernur Rohidin Mersyah yang diwakili Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Hamka Sabri mengatakan, Olahraga Tradisional sebagai salah satu alat pemersatu bangsa, dimana kita memainkannya dengan penuh kebahagiaan, kegembiraan dan suka cita.

“Ajang ini sangat baik untuk generasi bangsa yaitu sebagai alat pemersatu, sebab selalu dimainkan dengan penuh ekspresi kebahagian, walaupun kalah tetap bahagia,” ujar Hamka saat penutupan Pekan Olahraga Tradisional ke V tingkat Nasional tahun 2017 di sport center Bengkulu, Rabu(11/10) di Sport Center Pentai Panjang Kota Bengkulu.

Menurutnya ,Olahraga Tradisional bukan sekedar olahraga, namun dapat menjadi penangkal timbulnya dampak negatif dari permainan-permainan modern seperti permainan dalam jaringan dan permainan di telepon pintar, bagi anak.

“Anak zaman sekarang harus kembali diingatkan akan olahraga permainan tradisional, agar tidak terjerumus pada hal berbau negatif,” ungkap Hamka.

Kepala Bidang Olahraga Tradisional pada Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora, Drs. Arman menyampaikan Olahraga Tradisional harua terus digalakkan pada setiap daerah, agar tidak terlupakan. Menurutnya kedepan Olahraga Tradisional diharapkan dapat disejajarkan dengan Olahraga prestasi lainnya.

“Setiap daerah harus terus menggelar olahraga tradisional, agar kedepan tidak terlupakan dan kita juga terus mengupayakan agar beberapa cabang olahraga tradisional dapat ikut serta dalam perhelatan olahraga prestasi lainnya,” tutur Arman yang mewakili Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI.

Pada Pekan Olahraga Tradisional ke V tingkat Nasional tahun 2017 di Provinsi Bengkulu, Jawa Barat tampil sebagai Juara Umum.

Berikut para juara Pekan Olahraga Tradisional V tingkat Nasional tahun 2017, untuk Cabang Olahraga Sumpitan Juara I diraih Provinsi Kalimantan Timur, Juara II Jawa Barat, Juara III Banten, dan Harapan I Kalimantan Tengah. Kemudian Cabang Olahraga Terompah Panjang Juara I diraih Provinsi Jawa Barat, Juara II Jambi, Juara III Banten, Juara Harapan I Bengkulu.

Selanjutnya, untuk Cabang Olahraga Eggrang diraih Provinsi Banten, Juara II Sulawesi Selatan, Juara III Sumatera Barat, Juara Harapan I DKI Jakarta. Untuk Cabang Olahraga Hadang Juara I diraih Provinsi Jawa Barat, Juara II Jambi, Juara III Bangka Belitung, Juara Harapan I DKI Jakarta. Sedangkan, Kompetisi Surfing Juara I diraih Provinsi Bali, Juara II Bali, Juara III DIY, dan Juara Harapan I Jember. (Dimas-Media Center Pemprov Bengkulu)