Kominfonews – (10/5) Acara pendidikan dan pelatihan prajabatan Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) golongan II  formasi umum angkatan III,  IV, V dan VI tahun 2016 di badan Diklat Provinsi Bengkulu yang dihadiri oleh Asisten III, anggota CPNS dan SKPD.

Calon pegawai negri sipil golongan II angkatan III, IV, V dan VI,  terdiri dari 160 peserta yaitu dari Bengkulu Tengah 46 orang,  Bengkulu Selatan 6 orang, Bengkulu Utara 9 orang, Mukomuko  20 orang, Seluma 18 orang, Lebong 43 orang, Rejang Lebong 16 orang, Balai POM 2 orang.

Status kepegawaian di Provinsi sebenarnya sudah overload/ melebihi kapasitas, akan tetapi dalam analisis jabatan masih ada kompeten – kompeten tertentu yang kita butuhkan untuk mendapat spesfikasi. Misal di bidang pendidikan, kesehatan atau di bidang keahlian tertentu.

“Pegawai negeri pada birokrasi pemerintah provinsi tugasnya hanya satu yaitu memberikan layanan publik dimana kita tinggal supaya kita bisa memberikan pelayanan/ kegiatan harus ada jiwa terhormat dan tanggung jawab. Agar kita bisa memberikan pelayanan yang baik kita harus bisa menyesuaikan apa yang menjadi tanggung jawab kita berdasarkan standar pelayanan kita berperilaku, kita bersikap, dalam tatanan Pemerintah Provinsi kebijakan bagaimana melakukan standar pelayanan,” Jelas asisten III.

Kompetensi  dasar yang harus dimiliki Calon pegawai negeri sipil yaitu Mampu mewujudkan akuntabilitas dalam pekerjaan, mengedepankan kepentingan negara, harus menjunjung tinggi moral,  harus selalu berinovasi, pemahaman dasar tentang tingkah moral. Apabila kompetensi tersebut mampu di miliki maka para calon pegawai negeri sipil akan mampu menjalankan tugas dengan baik tidak menutup kemungkinan nanti akan mendapatkan karir yang bagus di pegawaian. (rek&shin/more)