Kominfonews – (23/3) Pembangunan rel kereta api di Bengkulu direncanakan dibangun di jalur rel kereta api dari Muara Enim sampai Bengkulu ke pelabuhan pulah Baai. Rel kereta api ini nantinya digunakan untuk memngangkut batu bara dari Muara Enim sebagai daerah batu bara, sehingga meningkatkan aktifitas pelabuhan pulau baai dan pada nantinya meningkatkan perekonomian Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Pembangunan jalur kereta api ini sudah direncanakan sudah cukup lama Pemerintah Provinsi Bengkulu,  ke Muara Enim, dengan sudah di bangunnya stasiun kereta api di pelabuhan Pulau Baai oleh pemerintah daerah Provinsi Bengkulu.

Pembangunan jalur kereta api di Bengkulu ini merupakan salah satu program startegis nasional tahun 2016 termasuk paket kereta cepat juga ada untuk meningkatkan perekonomian Bengkulu dan sumatera selatan.

“Ini merupakan salah satu bagian proses yang dibangun dalam pembangunan jalur kereta api, kita akan meminta agar segera di bangun rel keretenya muara enim yang merupakan daerah batu bara nanti jika batu bara diekspor maka melalui pelabuhan pulau baai ini,” Ir. H. Yudi Widiana Adia, SH. Dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera.

“Memang fokusnya kereta yang akan dibangun merupakan kereta logistik. Karena ini merupakan investasi yang menguntungkan karena keuntungan PT. KAI ini 60% keuntungan dari sumatera dari pengangkutan batu bara. Lebih utamanya adalah kereta barang, Maka komisi 5 mendukung pembanguana rel kereta api ini. Pembanguananya kereta api ini memang lebih diprioritas pembangunan trans sulawesi, karena di sulawesi belum merasakan kereta api sehingga akan lebih memprioritakan di sulawesi lebih dahulu.” tutur Wakil Ketua Komisi V. (ctr/more)