Kominfonews (02/8). Program Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) merupakan salah satu program Kementerian Pertahanan yang di peruntukan bagi pelajar SLTA/ sederajat dan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Program ini bertujuan agar para pelajar SLTA/ sederajat dan mahasiswa mampu menuangkan ide dan gagasan yang konstruktif baik secara tertulis mapun lisan yang dituangkan dalam media lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air.

Sasaran yang ingin dicapai adalah tercapainya kemampuan mengekspresikan pemikiran secara lisan tentang pembentukan karakter bangsa yang berwawasan kebangsaan yang didasari oleh pemahaman terhadap nilai – nilai dasar kesadaran kesadaran bela negara.

Yaitu mencintai tanah air, memiliki kesadaran berbangsa bernegara, yakin pada pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara serta memiliki rasa rela berkorban demi negara, terahir memiliki kemampuan bela negara baik secara psikis maupun fisik.

Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengungkapkan bahwa cinta tanah air memang penting untuk ditanamkan sejak dini, dimana akan sebuah kebanggan terhadap negara Republik Indonesia. Yang bagi orang luar bagaikan surga dunia dan rasanya tidak alam didunia melebihi kekayaan dan keindahan alam Indonesia.

“Harapan saya bangun betul kebanggan terhadap Bengkulu, bangun betul kebanggan terhadap Indonesia, kita harus semangat dan semangat itu yang akan mengatarkan kita kepada sebuah keberhasilan,” jelas Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat pembukaan Lomba Parade Cinta Tanah Air, Selasa (1/8).

Provinsi Bengkulu sendiri pada PCTA cukup diperhitungkan, dimana prestasi yang pernah dicapai oleh Provinsi Bengkulu yaitu pada tahun 2015 untuk tingkat SLTA/ sederajad meraih juara 2 tingkat nasional, sedangkan di tahun 2016 untuk tingkat perguran tinggi Provinsi Bengkulu meraih juara 1 tingkat nasional, hal yang sangat membanggakan bagi masyarakat Provinsi Bengkulu.

Dikesempatan ini Plt. Gubernur Rohidin Mersyah juga mengapresiasi peserta PCTA yang ikut hadir mewakili Kabupaten/Kota se – Provinsi Bengkulu dalam lomba PCTA. Yang menurut Rohidin Mersyah adalah lomba yang tidak main – main.

“Kalau cuma lomba melingkari jawaban saya tidak terlalu mengakui kehebatannya maka saya memberikan apresiasi kepada Lomba Parade Cinta Tanah Air ini. kuasai materinya secara baik, tampil dengan sempurna dengan sendirinya pemenang itu ada didalam genggaman kita,” ungkap Rohidin Mersyah.

Sejalan dengan hal tersebut Pejabat pelaksana tugas pokok (Ptp. Kementerian Pertahanan Provinsi Bengkulu Kol. Marinir Chaerudin Toyib mengharapkan gerasi muda mampu memberikan perubahan, dengan tidak melupakan sejarah (Jasmerah).

Dengan turut serta dan mempu memberikan kontribusi yang positif dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup sebagai bangsa yang berdaulat di bidang politik, berdikari dan mandiri di badang ekonomi serta berkeperibadian di bidang kebudayaan.

Pada Perlombaan ini diikuti oleh 42 tim dari berbagai perwakilan SLTA/ sederajad se – Provinsi Bengkulu,  sedangkan untuk tingkat perguruan tinggi rencananya akan dilaksanakan pada 23 Agustus mendatang yang akan diikuti oleh 36 tim dari berbagai pergruan tinggi yang ada di Provinsi Bengkulu. Hadir dalam pembukaan ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Ade Erlangga, Forkopimda Provinsi Bengkulu serta para undangan lainnya. (Morecka – Media Center Pemprov Bengkulu)