Kominfonews (31/10). Keterlibatan seluruh lapisan masyarakat, khususnya Perguruan Tinggi sangat penting dalam menyediakan ketersediaan SDM guna menunjang suatu daerah.

Pendidikan individual sangat dibutuhkan guna menghasilkan sumber daya yang berkualitas, hal ini bertujuan untuk memajukan pembangunan daerah khususnya Provinsi Bengkulu.

Hal ini disampaikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri saat Pelantikan Pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) Wilayah IIC dan Dewan Pengurus Wilayah Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba (ARTIPENA) Provinsi Bengkulu, Selasa (31/10) di GSG Pemprov Bengkulu.

Diungkapkan Hamka Sabri, kehadiran perguruan tinggi sangat berperan penting dalam mencetak generasi SDM yang berkarakter, bermutu, kreatif dan inovatif karena kemampuan seorang harus bisa dibuktikan dalam kehidupan dan dunia kerja.

“Saya berharap perguruan tinggi di Provinsi Bengkulu dapat menghasilkan insan – insan yang cerdas menguasai teknologi dan mampu memanfaatkan berbagai fasilitas serta jeli melihat peluang yang ada,” terang Hamka Sabri.

Ditambahkan Hamka Sabri bahwa Pemerintah Provinsi Bengkulu sangat berharap perguruan tinggi dapat menciptakan sumber daya yang unggul sehingga Provinsi Bengkulu dapat menjadi Provinsi yang berdaya saing.

Sehingga SDM yang ada diharapkan mampu menjadi agen perubahan dan menjadi pelaku pembangunan yang layak diteladani baik tingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional.

“Dengan di mulainya program Masyarakat Ekonomi Asean perguruan tinggi harus bisa mempersiapkan mahasiswa sebaik – baiknya, agar dapat berkontrbusi dengan baik dan berhasil menaklukan persaingan pasar bebas,” jelas Hamka Sabri.

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II Slamet Widodo dikesempatan ini juga mengungkapkan bahwa Perguruan Tingga Swasta (PTS) diharapkan betul – betul bisa maju, sustainable dan juga mampu untuk bersaing dalam rangka untuk meningkatkan kualitas daripada alumni – alumninya.

“Jika ada kegiatan seperti APTSI dan ARTIPENA jangan hanya papan nama, artinya harus betul – betul ada action di masyarakat, ada nilai tambah kepada kita semua, ini harapan saya,” ungkap Kopertis Wilayah II Slamet Widodo.

Selain Pelantikan APTSI Wilayah IIC dan ARTIPENA Provinsi Bengkulu, kegiatan ini serta Seminar Nasional Dengan Tema “Peran Perguruan Tinggi Dalam Membentuk Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter.”

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Umum APTISI Budi Djatmiko, Sekjen ARTIPENA Zainal Arifin, Ketua APTISI Wilayah IIC dan ARTIPENA Provinsi Bengkulu yang baru saja dilantik Yulfi Perius. Selain itu tampak hadir Wakil Ketua II DPR Suharto, Pimpinan Bank Bengkulu Agus Salim, Rektor PTN dan PTS di Provinsi Bengkulu, Mahasiswa dan undangan lainnya. (Morecka – Media Center Pemprov Bengkulu)