Kominfonews (7/11).Upaya efektifitas dan efesiensi dalam pelayanan keuangan, kembali dilaksanakan Pemda Provinsi Bengkulu. Kali ini upaya tersebut dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu, yaitu dengan menjalin kerjasama dengan PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bengkulu.

Dijelaskan Kepala Dinsos Provinsi Bengkulu Iskandar ZO, kerjasama pihaknya dengan BPD Bengkulu ini untuk memberikan kemudahan kepada Forum TAGANA (Taruna Siaga Bencana), TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) dan Pelopor Perdamaian Kabupaten-Kota Se-Provinsi terkait Penyaluran Dana Tali Asih.

Namun penyaluran Dana Tali Asih tersebut dilakukan setelah validasi dan verifikasi data penerima. Hal ini dilakukan untuk memastikan dana yang disalurkan benar-benar diterima oleh anggota TAGANA, TKSK dan Pelopor Perdamaian yang masih aktif.

“Jadi kita bisa mencairkan itu kalau ada mekanisme validasi dari bawah, untuk menghindarkan terjadinya penyimpangan-penyimpangan,” jelas Kepala Dinsos Provisi Bengkulu Iskandar ZO, usai Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dinsos Provinsi dengan PT. BPD Bengkulu tentang Penggunaan Jasa Layanan Perbankan untuk Pengelolaan Dana-Dana di Lingkungan Dinsos Provinsi Bengkulu, di Ruang Pola Pemprov Bengkulu, Senin (06/11).

Plt Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan, atas terjalinnya kerjasama antara Dinsos Provinsi Bengkulu dengan Bank Bengkulu ini, mempermudah anggota TAGANA dan TSKS Kabupaten-Kota dalam pengambilan Dana Tali Asih.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Provinsi Bengkulu yang lainnya juga menjalin kerjasama dengan BPD, supaya transaksi keuangan Bank Bengkulu semakin meningkat.

“Ini telah memutuskan rentang kendali, dari manual beralih ke sistem perbankan, sehingga lebih efektif dan efisien dalam penyaluran dana tersebut. Dilain hal, OPD lainnya juga diminta menjalin kerjasama dengan Bank Bengkulu,” terang Hamka Sabri.

Atas kerjasama yang terjalin, Direktur Utama Bank Bengkulu Agusalim menyatakan pihaknya siap untuk memberikan pelayanan terbaik dalam layanan keuangan, baik kepada Pemerintah maupun kepada Masyarakat Bumi Rafflesia.

“Saya berharap semua OPD menggunakan jasa layanan perbankan Bank Bengkulu. Kami akan selalu melakukan perbaikan, baik dari sisi layanan maupun dari sisi IT serta pengembangan produk,” ungkap Agusalim. (Rian-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)