Lebong – Kabupaten Lebong menyimpan wisata alam yang menawan. Seperti danau dan sungai yang bisa dijadikan lokasi arung jeram dan wisata alam lainnya.

“Lebong bakal menjadi lokasi Lake and River Festival pada 2020 mendatang. Untuk itu, kita uji coba dengan acara Lebong Fun Rafting, agar kita memiliki persiapan yang lebih matang,” ujar Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Camping Ground Danau Tes menjelang pembukaan Lebong Fun Rafting 2017.

Dalam kesempatan ini, Rohidin Mersyah mengajak seluruh kepala dinas hadir mengikuti Lebong Fun Rafting 2017. Kesempatan ini juga dimanfaatkan Rohidin sebagai momentum mengajak masyarakat bersatu padu bangun Provinsi Bengkulu dari berbagai sektor.

“Kita hayati Filosofis Bumi Swarang Patang Stumang yakni masyarakat yang bersatu padu,” ungkap Rohidin saat membuka secara resmi Lebong Fun Rafting 2017, Jumat (15/12/17)

Filosofis Bumi Swarang Patang Stumang bagi Rohidin, adalah kesatuan, rasa senasib sepenanggungan, pahit sama-sama dibuang, manis sama-sama dimakan.

“Lebong alamnya indah dan memiliki potensi dan kekayaan alam yang berlimpah, ayo kita bersama majukan daerah ini,” tambah Rohidin.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Lebong juga menyambut baik acara yang diinisiasi pemerintah Provinsi Bengkulu ini, “Lebong siap mendukung program perioritas Pemprov Bengkulu, termasuk festival yang akan dilaksanakan di daerah ini,” paparnya.

Pembukaan Lebong Fun Rafting, juga dimeriahkan dengan acara Fun Game. Pada kesempatan ini, Plt Gubernur Bengkulu, Wakil Bupati dan Sekda Lebong, Kepala-kepala OPD dan beberapa undangan tampak antusias mengikuti Fun Game.

Fun Game ini, dipimpin langsung Joan Bintang, seorang Instruktur Jenggalu Anventure Camp (JAC) Bengkulu yang telah berhasil menarik wisatawan manca negara datang menikmati keindahan alam Bengkulu.

Fun Game selain menjadi pemecah kehangatan lokasi Camping Ground, juga menjadi sarana melatih konsentrasi dan memupuk solidaritas para pimpinan daerah yang hadir pada kesempatan ini. Fun Game yang diikuti oleh semua pejabat yang hadir ini, diakhiri dengan menyalakan Api Unggun oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Sebelum membuka Lebong Fun Rafting 2017, didampingin Wakil Bupati Lebong, Plt Gubernur menyempatkan diri mengajak Kepala-kepala Dinas Provinsi Bengkulu tinjau Danau Tes, salah satu objek Wisata andalan Kabupaten Lebong. Kehadiran Plt Gubernur beserta rombongan di Kabupaten Lebong disambut hangat masyarakat.

Selain meninjau wisata alam Danau Tes, Plt Gubernur Bengkulu juga sempat melakukan kunjungan ke Pertamina Geothermal Energi (PGE) Kabupaten Lebong.

Saat berkunjung ke PGE, Plt Gubernur berpesan agar PGE ikut serta membantu percepatan pembangunan daerah. (Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)