Kominfonews (26/10). Enggano, salah satu pulau terluar Indonesia, kini miliki Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) mencapai 1250 kilowatt. Kapasitas tersebut, setelah terinstal PLTD baru yakni sebesar 2×500 KW yang sudah siap menyuplai 6 desa di Enggano.
Peresmian PLTD di pulau yang masuk dalam wilayah Pemkab Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu ini berlangsung pada Senin 23 Oktober dan jaringannya terus dikebut hingga akhir 2017.
“Penambahan mesin dan jaringan ini, mampu melistriki enam desa dengan potensi 879 pelangan rumah tangga,” terang General Manager PLN Wilayah Sumsel Jambi dan Bengkulu, Daryono usai peresmian PLTD di Enggano.
Pemasangan konstruksi dan penarikan jaringan listrik di Enggano, mempunyai tantangan tersendiri. Pasalnya, selain terkendala pada pengiriman serta distribusi material, infrastruktur yang terbatas hingga cuaca yang sulit diprediksi juga merupakan kendala. Kendati demikian, kondisi itu tak surutkan semangat menerangi Enggano.
Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto menyambut baik hadirnya PLTD di Enggano. Menurutnya, listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Dengan pasokan yang mencukupi seluruh rumah tangga, dinilai akan meningkatkan kualitas hidup warga dan menggerakkan potensi ekonomi.
“Dengan listrik yang handal, tentunya tidak hanya menerangi saja, tetapi juga menggerakkan ekonomi. Industri rumah tangga, bisa terus bergerak dan meningkat. Seperti komoditas pisang, bisa keluar dari Enggano dalam bentuk lain yang mempunyai nilai lebih tinggi,” tutur Gotri.
Selain infrastruktur konektivitas dan ketenagalistrikan, pemerintah juga berupaya dalam pembangunan telekomunikasi. Ini, lanjut Plt Sekda, agar informasi dapat diakses oleh seluruh masyarakat, termasuk di Enggano pulau nan indah yang kaya akan potensi wisata itu.
Atas pembangunan berbagai sektor yang akan dilaksanakan Pemerintah Provinsi Bengkulu tersebut, warga menyambut baik. Terkhusus dalam hal pembangunan potensi pariwisata, salah satunya wisata alam Bak Blaw.
“Kami menyambut baik perhatian dan pembangunan yang akan dilakukan Pemerintah di Enggano. Harapan kami dukungan pembangunan itu ce[at terealisasi demi kesejahteraan masyarakat Enggano,” ungkap Kornelius salah seorang warga Enggano. (Jamal-Media Center Pemprov Bengkulu).