Kominfonews (8/9). Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti kembali lakukan rotasi sejumlah pejabat eselon II. Salah satunya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang sebelumnya dijabat Kuntandi, diganti Oktaviano. Oktaviano yang juga sekretaris dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, kini merangkap sebagai pelaksana tugas (Plt).

Selain mengganti kepala dinas PUPR dan menggesernya menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, gubernur juga bakal konsentrasi menyelesaikan sejumlah persoalan pada dinas tersebut. Dirinya pun akan berkantor sementara di kantor dinas PU, bersama Asisten II (Perekonomian dan Pembangunan) serta Plt Kepala Dinas PUPR yang baru.

“Kami akan melihat betul-betul untuk menyelesaikan persoalannya, sampai kita memilih kepala dinas definitif,” kata gubernur yang akrab disapa RM ini, saat sampaikan arahan dalam pelantikan dan pengangkatan sumpah jabatan eselon II, pada Rabu (7/6).

Gubernur juga memaparkan, kesalahan dalam menentukan rekanan menjadi salah satu penyebab gagalnya meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hasil audit BPK untuk laporan keuangan Tahun 2016, Pemprov Bengkulu meraih opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian). Karena itu, gubernur mengingatkan supaya Organisasi Perangkat Daerah memperhatikan secara seksama dalam menentukan rekanan, sehingga mendapat rekanan yang kredibel. Jika ada temuan pemeriksaan bisa segera minta dikembalikan, bukan justru rekanan yang bandel.

“Kita menginginkan pada tahun yang akan datang, pertanggungjawaban keuangan tahun 2017 ini tidak mengalami hal yang sama dengan tahun 2016,” tuturnya.

Ridwan Mukti berharap, keputusannya merotasi beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu hari itu, dapat meningkatkan kinerja dan akuntabilitas. Berikut daftar nama pejabat yang dimutasi:

  1. Arinarsa: Asisten Perekonomian dan Pembangunan
  2. Kuntandi: Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan
  3. Edyarsyah: Tenaga Ahli Analisis Organisasi Masyarakat
  4. Sudoto: Tenaga Ahli Analisis Kualifikasi dan Karir Pendidik/ Tenaga Kependidikan
  5. Buyung Azhari: Tenaga Ahli Analisis Pengembangan Kelembagaan Alat dan Mesin Pertanian

Pelaksana Tugas:

  1. Sumarno (Kepala Pelaksana BPBD) juga menjadi Plt Kadisnakertrans
  2. Anzori Tawakal (Kepala Biro Perekonomian dan SDA) merangkap sebagai Plt Kepala Bappeda
  3. Muhammad Irsan (Sekretaris BKD) merangkap sebagai Plt Kepala BKD
  4. Rosnaini Sekretaris DP3A-PP-KB juga sebagai Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan
  5. Oktaviano, Sekdis ESDM merangkap jadi Plt Kadis PUPR @MC-Prov