Bengkulu (8/9). Para penggerak swadaya masyarakat (PSM) Pemerintah Provinsi Bengkulu, mengikuti diklat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Hal ini dilakukan, untuk menyamakan misi dan persepsi serta pola pikir dalam melaksanakan tugas sebagai pendamping, penyuluh dan pelatih, dan beberapa orang tenaga fungsional.

Diklat ini juga memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan para peserta di bidang desa, daerah tertinggal dan transmigrasi.

“Melalui diklat ini, diharapkan tersedianya sumber daya manusia yang terampil dalam melaksanakan tugas sebagai penggerak swadaya masyarakat dan mampu mendorong peran masyarakat desa dalam pembangunan di pedesaan,” ujar kepala BPSDM Muslih Zaini.

Dikatakan Muslih, para peserta akan menjalani diklat selama 26 hari dengan strategi belajar melalui ceramah, pendalaman materi, praktek kerja lapangan, diskusi, curah pendapat, alternatif pemecahan masalah, seminar dan terakhir ujian serta evaluasi.

Sementara tenaga pengajar diklat, berasal dari pejabat Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan pejabat lingkungan Pemda Provinsi Bengkulu.

Dikatakan Pelaksana tugas Gubernur Rohidin Mersyah saat membuka pelaksanaan diklat, desa memang berada pada strata pemerintahan yang paling rendah namun memiliki fungsi instrumen pemerintah yang lengkap layaknya tataran pemerintahan yang tertinggi.

Tiga fungsi utama pemerintahan dilakukan di tingkat desa, yakni fungsi pelayanan, regulasi dan fungsi pemberdayaan dan pembangunan.

“Harus ada sistem pendukung, agar anggaran yang sudah teralokasi, kelembagaan yang sudah terbentuk, sistem regulasi yang telah tersedia dan layanan yang harus dilakukan dapat berjalan dengan baik,” kata Rohidin.

Menurut Rohidin, keberadaan tenaga fungsional penggerak swadaya masyarakat, menjadi salah satu kunci penentu berjalannya fungsi tersebut. Program pemberdayaan ini juga harus dikedepankan agar sumberdaya yang ada di desa dapat berjalan produktif.

Plt gubernur berpesan, para peserta dapat mengikuti diklat dengan penuh kesungguhan dan menanamkan tekad untuk siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bengkulu. (Fredi-Media Center Pemprov Bengkulu)