Bengkulu – Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti membuka secara langsung Rapat Sosialisasi Persiapan Awal Penyusunan Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) Provinsi Bengkulu, Senin (12/2).

SDGs sendiri adalah sebuah program pembangunan berkelanjutan yang di dalamnya terdapat 17 tujuan dengan 169 capaian terukur dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Tujuan SDGs adalah agenda pembangunan dunia untuk kesejahteraan manusia dan planet bumi.

Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti menjelaskan bahwa pada prinsipnya Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) adalah solusi untuk menyiasati ketersediaan sumber daya alam serta lingkungan yang kini sangat terbatas.  Sehingga manusia harus bijak untuk mengelola sumber daya alam maupun mengelola lingkungan.

“Kita perlu merumuskan suatu kebijakan perencanaan yang berorientasi kepada SDGs yang artinya adalah pembangunan yang berkelanjutan,” jelas Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti.

Langkah–langkahnya sendiri tambah Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, akan disusun dalam bentuk perencanaan maupun rencana aksi. Terkait rencana sebelumnya yang sudah ada Nopian Andusti menjelaskan bukan tidak pas tetapi dipertajam dalam bentuk implementasi yang lebih nyata dan lebih jelas arah tujuannya.

“Sebetulnya sudah, tetapi dulu mungkin tidak se-komprehensif ini, ini seluruh bidang, seluruh sektor itu betul–betul mengarah kepada SDGs,” ungkap Nopian Andusti.

Ia juga menambahkan kegaiatan ini tidak ada terget harus selesai pada tahun ini tetapi akan berlangsung terus–menerus.

“Kita berlangsung terus–menerus jadi bukan harus selesai tahun ini, jadi perencanaan pembangunan harus berorientasi kepada pembangunan yang berkelanjutan, pelestarian lingkungan dan pelestarian alam,” ungkap Nopian Andusti.

Tampak Hadir Manager Pilar Pembangunan Ekonomi Sekretariat SDGs Indonesia Setyo Budiantoro, Plt. Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu Noni Yuliesti, Kepala BPS Provinsi Bengkulu Dyah Anugrah, Ketua SDGs Center Unib Djonet Santoso serta Kepala OPD Provinsi Bengkulu serta Bappeda Provinsi, Kabupaten/Kota. (Morecka–Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × one =