Bengkulu-Universitas Bengkulu (UNIB) menggelar acara penyerahan kembali mahasiswa alumni Program Beasiswa State Accountability Revitalization (STAR) Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Bengkulu kepada pihak Pemerintah Daerah, di Gedung Fakultas Magister Manajemen Unib, Rabu (20/12).

Serah terima ini dilakukan, setelah diwisudanya 24 orang mahasiswa lulusan Sarjana Strata 2 pada tanggal 20 Desember 2017, yang telah menimba ilmu di Fakultas Magister Managemen UNIB selama kurun waktu dua tahun.

Mahasiswa tersebut merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari seluruh Kabupaten dan Kota Bengkulu.

Menurut Kepala Perwakilan BPKP Bengkulu Bram Rahmana, saat ini sudah tercatat 125 orang lulusan STAR-BPKP yang telah tersebar diseluruh kabupaten dan kota Bengkulu.

“Wisuda kali ini merupakan wisuda yang kelima dari 191 orang yang dialokasikan untuk mengikuti beasiswa STAR BPKP ini, sehingga, saat ini masih tersisa 43 orang lagi mahasiswa yang belum menyelesaikan tugasnya,” sebut Bram Rahmana.

Disampaikannya lebih lanjut, pada tanggal 16 hingga 19 Oktober yang lalu, pihaknya bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB, telah mengadakan pelatihan Sistem Keuangan Desa bagi seluruh alumni dan mahasiswa STAR BPKP dalam upaya memberdayakan mereka untuk membantu desa dalam pengelolaan keuangannya.

“Teman-teman Alumni STAR BPKP ini diharapkan nanti dapat mendampingi aparat Desa yang ada di kabupaten dan kota,’’ ujar Bram.

Sehingga para alumni ini, kata Bram lagi, dapat berpartisipasi mendampingi aparat desa dalam membuat kualiktas tata kelola keuangan desanya dan dapat mendukung laporan keuangan daerah menjadi akuntabel.

“Pada tahun 2018 nanti laporan daerah akan dilampirkan dan dinilai dalam penilaian pengelolaan keuangan daerah, guna mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian,” sebut Bram.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu menyampaikan amanatnya yang dibacakan oleh Satf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Ricky Gunarwan, dimana, sampai saat ini, di Provinsi Bengkulu hanya baru ada dua kabupaten yang memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengeculaian (WTP), yaitu Kabupaten Lebong dan Kaur.

“Ini menandakan pengelolaan keuangan daerah perlu terus ditingkatkan, dengan harapan agar 10 kabupaten/kota serta Pemda Provinsi Bengkulu dapat memperoleh predikat WTP,” sampai Ricky Gunarwan.

Untuk memenuhi harapan tersebut, kata Ricky lagi, perlu dukungan APIP dan ASN yang kompeten dan kredibel.

Dengan telah diwisudanya mereka, Plt Gubernur berharap seluruh alumni Program Beasiswa STAR BPKP ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk perbaikan sistem pengelolaan keuangan daerah.

“Sehingga Pemerintah Daerah se-Provinsi Bengkulu dapat menghasilkan laporan keuangan yang dapat diandalkan sehingga layak memperolah opini WTP,” sebut Ricky.

Acara tersebut dihadiri juga oleh Rektor UNIB Ridwan Nurazi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB, Perwakilan dari Pemda Kabupaten dan Kota Bengkulu, serta para Wisudawan.

Penyerahan Alumni Beasiswa STAR BPKP ini, diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Bengkulu Bram Rahmana kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Sataf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembanguna Ricky Gunarwan. (Saipul-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)