Bengkulu (8/9). Atlet Karate Provinsi Bengkulu siap berlaga dalam ajang Open Turnament Karate Pangdam II/Sriwijaya. Tim yang terdiri dari atlet Korem 041/Gamas dan Atlet Institute Karate-do Indonesia (INKAI) Provinsi Bengkulu ini, akan bertanding pada 11-13 September 2017, di Gedung Serbaguna Jasdam II Sriwijaya Palembang.

Komandan Kodim 0407 Bengkulu Letkol ARH Osmar Silalahi mengatakan, Kejuaraan ini merupakan ajang seleksi menuju kejuaraan Panglima Cup 2017 yang bakal berlangsung di Jakarta.

Selain itu, kejuaraan tersebut menjadi momentum untuk menorehkan prestasi bagi Provinsi Bengkulu dibidang olahraga sekaligus menjadi sarana pembinaan dan pencarian bibit altel olahraga karate potensial serta memberikan kesempatan kepada atlet junior untuk mengembangkan keahliannya.

“Keberhasilan pembinaan atlet-atlet kita, tidak hanya dipengaruhi faktor latihan dan sarana prasarana saja. Namun juga sebagai kesempatan untuk menunjukkan kemampuan melalui kompetisi guna menambah pengalaman, penempaan mental serta mematangkan teknik yang telah diberikan pelatih selama ini,” jelas Letkol ARH Osmar Silalahi pada pelepasan Kontingen Atlet Karate Provinsi Bengkulu di lapangan Makorem 041 Gamas Bengkulu, Jum’at (08/09).

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum INKAI Provinsi Bengkulu Junaidi Ibnurrahman. Menurutnya, selain ajang menorehkan prestasi, kejuaraan karate juga dapat menjadi sarana pembentukan mental dan karakter generasi muda.

Kejuaraan ini, lanjut Junaidi, juga merupakan ajang seleksi bagi atlet-atlet INKAI Provinsi Bengkulu, menuju Kejuaraan Nasional INKAI yang rencananya akan berlangsung di Kalimantan pada tahun 2018.

“Kita sudah beberapa bulan melakukan persiapan secara matang, baik itu latihan teknik juga latihan fisik. Target yang ingin kita capai adalah medali emas sebanyak mungkin dan dapat memberikan yang terbaik bagi Bengkulu,” terang Junaidi Ibnurrahman yang juga pelatih Dojo Karate Korem 041/Gamas ini.

Melalui ajang kompetisi bela diri karate tersebut, keluarga besar INKAI Provinsi Bengkulu berharap, atlet karate Bumi Rafflesia ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat atas prestasinya di tingkat nasional.

“Melalui kompetisi karate cabang olahraga karate ini, kami yakin dapat membanggakan masyarakat Bengkulu di tingkat nasional, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu tim Karate Provinsi Bengkulu,” pungkas Junaidi.

Pada ajang tersebut, Kontingen Atlet Karate Bengkulu ini akan berlaga dalam 2 kategori yaitu kategori pertandingan “Komite” dan “Kata”. Sedangkan kategori kelas yang dipertandingkan, mulai dari kelas Usia Dini, Junior hingga Senior. (Rian)