Bengkulu (6/9). Komitmen Pemerintah membangun konektivitas transportasi udara terus ditingkatkan. Wings Air memperluas jaringan konektivitas penerbangan domestik nya dengan membuka 4 rute baru di Provinsi Bengkulu.

“Rute baru ini, membuat jarak (Bengkulu) dengan provinsi tetangga terasa lebih dekat, Bandung merupakan target rute penerbangan selanjutnya yang akan diupayakan, ” ujar Plt Gubernur Rohidin Mersyah meresmikan penerbangan Wings Air Rute Palembang, Padang, Jambi di Bandara Fatmawati Soekarno, selasa(5/9).

Pada kesempatan tersebut, Plt Gubernur Rohidin Mersyah menyambut baik pembukaan rute penerbangan baru ini.

Menurut Rohidin, Pembukaan rute baru ini akan berdampak langsung terhadap percepatan pergerakan perekonomian Provinsi Bengkulu, sebab Bandara merupakan pintu masuk utama. Selain itu, pengembangan apron (landasan pacu) Bandara Fatmawati Soekarno terus dilakukan sehingga dapat menampung pesawat berukuran besar.

“Bandara merupakan pintu gerbang Bengkulu, Bandara bagus tentu perekonomian akan bagus juga. Kedepan kita terus berupaya untuk melakukan pengembangan apron bandara, agar lebih layak kedepan,” pungkas Rohidin.

Airport Manager Lion Grup Bengkulu, Rahmad Basuki mengatakan dibukanya rute baru ini tentu akan mempermudah masyarakat yang akan menuju provinsi tetangga tanpa harus transit dahulu.

“Penerbangan ini jelas menguntungkan, hal tersebut kita lihat dari segi biaya dan waktu, tentu akan lebih hemat dan ekonomis,” tutur Rahmad.

Untuk diketahui, Maskapai penerbangan Wings Air dengan Pesawat Wings Air type ATR 72.500/600, dengan kapasitas 72 penumpang mulai 5 September melayani beberapa rute yang dibuka setiap hari antaralain, Palembang-Bengkulu Pukul 06.00 WIB, Bengkulu-Jambi Pukul 07,35 WIB, Bengkulu-Padang Pukul 12.40 WIB, Bengkulu-Palembang Pukul 18.30 WIB.

Harga tiket yang ditawarkan pihak maskapai bervariasi, sesuai dengan kelas dan rute yaitu Bengkulu-Palembang mulai dari Rp 365 ribu, Bengkulu-Padang mulai dari Rp 464 ribu, dan Bengkulu-Jambi mulai dari Rp 332 ribu. (Dimas-Media Center Pemprov Bengkulu)