Bengkulu-Kominfonews (12/12/17). Meningkatkan kualitas dan produktivitas para perencana, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Bengkulu menggelar Sosialisasi Jabatan Fungsional Perencana (JFP) pada lingkup Pemerintahan Provinsi Bengkulu, di Gedung Pola Provinsi, Senin (11/12).

Acara tersebut diikuti seluruh fungsional perencana yang ada di kabupaten dan Kota Bengkulu. Selain itu, dilaksanakan juga pengukuhan pengurus Asosiasi Perencana Pemerintah Indonesia (AP2I) komisariat Provinsi Bengkulu periode 2016-2019.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Perwakilan dari Ketua Umum Pengurus AP2I pusat, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan JFP pusat, serta dari Bappeda Provinsi Bengkulu.

Dalam kesempatan itu, Plt Sekda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto menyampaikan, pentingnya peran perencana dalam proses perencanaan pembangunan suatu daerah, sebagai pemikir dan merumuskan rekomendasi strategis kebijakan dan program serta memantau dan mengevaluasi kegiatan.

“Sedangkan peran dari instansi kerja perencanaan adalah melakukan fungsi “think thank” sebagai koordinasi vertikal dan horizontal, perumusan alternative kebijakan sebagai administrator dan pengambil kebijakan,” sampai Gotri Suyanto, yang sekaligus membuka secara resmi sosialisasi tersebut.

Dengan melihat pentingnya peran perencaan dalam pembangunan, sebut Gotri lagi, maka upaya-upaya yang berkesinambungan untuk selalu meningkatkan kualitas dan produktivitas perencana menjadi suatu keharusan.

“Dalam menunjang peningkatan peran perencana serta mendorong profesionalisme, maka perlu dilaksanakan sosilalisasi dan pengukuhan AP2I bagi perencana di tingkat daerah dan seluruh OPD,” tegasnya.

Adapun pengukuhan pengurus AP2I Provinsi Bengkulu periode 2016-2019, berdasarkan Surat Keputusan dari Ketua Umum Pengurus Nasional AP2I nomor : 20/SK KETUM/AP2I/08/2016 tentang susunan pengurus AP21 Komisariat Provinsi Bengkulu periode 2016-2019, tertanggal 31 Agustus 2016.

Pengurus yang terpilih tersebut, dilantik langsung oleh perwakilan dari ketua Umum Pengurus Nasional AP2I Ali Sahbana.(Saipul-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)