Beragam Komunitas di Bengkulu, Bukan Sekat Pemersatu

Published by kominfo news on


Bengkuluprov-Masyarakat Bengkulu terdiri dari berbagai suku. Suku asli maupun pendatang, telah berbaur mendiami wilayah Provinsi Bengkulu yang terdiri dari 9 kabupaten dan 1 kota. Komunitas dan organisasi pun tumbuh dan berkembang dengan bermacam basis.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengapesiasi oganisasi dan komunitas yang tebentuk dan tetap eksis di Bengkulu. Menurutnya, keragaman suku dan beragam komunitas bukanlah sekat-sekat pemersatu, melainkan sebuah kekayaan daerah. Keragaman yang ada juga menimbulkan warna-warna budaya khas yang patut untuk dilestarikan.

“Organisasi maupun komunitas daerah, juga menjadi media komunikasi bukan untuk sekat antara satu sama lain. Keberagaman di Bengkulu sudah menjadi hal biasa dan lumrah, bahkan dalam hal sikap politik sekali pun,” tutur Rohidin saat sambutan Pentas Seni Budaya Melayu yang digelar Ikatan Keluarga Seluma Manna Kaur, di Bengkulu, Minggu (10.03.2019)

Saat itu, Gubernur Rohidin juga meresmikan infrastruktur pariwisata yang dibangun melalui APBD 2018. Termasuk Gedung Adat SEMAKU yang diharapkan menjadi wahana promosi produk unggulan dan budaya daerah. Seni budaya dari kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan, dan Kaur ditampilkan dalam acara tersebut.

“Aneka warna suku dan budaya Bengkulu ini adalah kekayaan yang patut kita banggakan sebagai identitas. Sekali lagi bukan sebagai sekat, tapi jadi kekuatan kita untuk terus membangun Provinsi Bengkulu yang kita cintai ini,” tegas Rohidin.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kaur Gusril Pauzi mengatakan, budaya-budaya khas pada tiap daerah mempunyai keunikan tersendiri. Dirinya berharap, dengan berfungsinya gedung adat juga menjadi media promosi budaya dan potensi wisata untuk kabupaten Kaur.

“Kaur memiliki wisata laut dan juga kuliner khas. Tarian yang tadi ditampilkan juga merupakan kekayaan kita bersama. Mudah mudahan gedung adat ini juga menjadi media promosi wisata kita, untuk mendukung dan menyongsong visit wonderful 2020,” demikian tutup Gusril. (Jamal-Media Center Pemprov Bengkulu)

Categories: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 10 =