Peringatan Hari Nusantara, Optimalkan Sumber Daya Laut Bengkulu

Published by kominfo news on


Bengkulu – Mengoptimalkan potensi sumber daya laut dan pesisir Bengkulu menjadi salah satu perhatian Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Terlebih Bengkulu mempunyai garis pantai sepanjang 524 KM yang merupakan keunggulan tersendiri bagi Bengkulu.

Hal ini di ungkapkan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018, Kamis (13/12) di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Bengkulu.

Pada kesempatan ini Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyerahkan 3 sertifikat kelayakan pengolahan (SKP) dari Badan Karantina Ikan kepada UD. Sinar Mas Kota Bengkulu, UD. Soni Kota Bengkulu dan KSU Mutiara Selatan Kab. Bengkulu Selatan. Sertifikat ini menyatakan bahwa ketiganya telah memiliki lisensi untuk ekspor.

“Tadi kita memberikan sertifikat kepada para pelaku usaha perikanan ini yang siap untuk melakukan ekspor di tahun 2019 yang akan datang,” jelas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Rohidin juga menambahkan kedepan ia ingin ada peningkatan volume tangkapan ikan termasuk ikan – ikan berkualitas yang memiliki persyaratan tertentu. Menurutnya jika hal ini bisa berkembang maka akan meningkatkan meningkatkan ekonomi Bengkulu sekaligus pendapatan para nelayan.

Namun Rohidin juga mengingatkan selain peningkatan daya tangkap, fungsi – fungsi non ekonomi lainnya yaitu pelestaraian, konservasi serta menjaga ekosistem laut juga menjadi perhatian semua pihak tidak hanya pemerintah sendiri.

“Kita ingin bagaimana menjaga kondisi laut dan wilayah pesisir agar tetap terkonservasi dengan baik sehingga terpertahankan fungsi – fungsi lingkungan untuk kepentingan generasi yang akan datang.”

“Sekarang kita lebih memasyarakatkan teknologi tangkap yang ramah lingkungan, kemudian kita mendorong untuk ekspor hasil tangkapan termasuk ada pengolahan industri turunan karena itu yang bisa dilakukan oleh nelayan kita,” terang Rohidin Mersyah.

Kepala Dinas Kalautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu Ivan Samsurizal mengungkapkan Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018 ini merupakan momentum untuk menuju Visit 2020 Wonderful Bengkulu dan mendorong Provinsi Bengkulu menjadi Provinsi Maritim Unggulan Nusantara.

Guna mendorong para nelayan untuk menggunakan alat tangkap ramah lingkungan, pihaknya telah menyerahkan bantuan alat tangkap ramah lingkungan kepada 7 Kabupaten/Kota. Selain itu Dinas DKP juga melakukan pelatihan SKK 60 Mill yaitu 30 nelayan dari 7 Kab/Kota pesisir untuk menggunakan kapal di atas 30 GT hingga 82 GT yang didampingi oleh Balai Besar Penangkapan Ikan dari Semarang

“Itu salah satu upaya kita untuk mensosialisasikan sebenarnya dengan menggunakan alat tangkap ramah lingkungan produksi Insya Allah tidak akan menurun,” jelas Kadis DKP Provinsi Bengkulu Ivan Samsurizal.

Tampak hadir pada Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018 ini FKPD Provinsi Bengkulu diantaranya Kapolda Bengkulu, Danrem 041 Gamas, Danlanal Bengkulu, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Asiten, Kepala OPD serta tamu undangan lainnya. (Morecka – Media Center Humas Pemprov Bengkulu)


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 12 =