Rekor MURI Rumpon Terbesar Sambut Pekan Nelayan dan Kemaritiman Di Provinsi Bengkulu

Dipublikasikan oleh kominfo news pada

Kominfonews – (2/4) Pekan Nelayan dan Kemaritiman ini juga akan mencatatkan rekor rumpon (rumah atau tempat berkumpulnya ikan) terbesar yang diberi nama Rumpon Tabot. Rumpon Tabot ini akan dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai rumpon terbesar sepanjang sejarah nelayan di Indonesia. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti, dijadwalkan akan melepas rumpon terbesar itu kepada sekitar 5000 nelayan yang sekaligus akan mencanangkan Bengkulu sebagai provinsi maritim.

“Jadi sebagai bukti bahwa kita serius mengembangkan Bengkulu sebagai provinsi maritim, kita minta MURI untuk mencatatkan rekor Rumpon Tabot ini sebagai yang terbesar,” ungkap Iskandar Zo.

Berbagai lomba yang bertujuan untuk mengajak masyarakat agar mencintai bahari dan sadar akan potensi kemaritiman Bengkulu digelar untuk publik, termasuk melibatkan dunia pendidikan. Di tingkat SD hingga Perguruan Tinggi dilaksanakan lomba menulis puisi dipinggir bibir pantai panjang bertemakan aku bangga jadi anak laut yang diikuti 2000 pelajar dan masyarakat umum.

Di kalangan media massa juga berlangsung lomba pembuatan iklan layanan masyarakat yang bertemakan kemaritiman. Tak ketinggalan lomba pembuatan video pendek berdurasi 3 menit dengan tema bahari, menggunakan smartphone atau HP yang bisa melibatkan warga secara keseluruhan.

Lomba akan berlangsung di tujuh kabupaten/kota, termasuk untuk sejumlah acara khusus seperti pelepasan tukik penyu, pelepasliaran anak lobster, peletakan Bio Reeftec terumbu karang dipulau tikus, penanaman mangrove pohon bakau, Pameran produk UMKM serba ikan, Display tematik karantina ikan dan mutu, Penyerahan sertifikat UMKM, Pelepasan tukik (anak penyu), Penyerahan lomba Popmaswas, Pemberian makanan tambahan bagi anak pesisir, Keterampilan anak nelayan yang putus sekolah (menjahit, bengkel dan salon), Beasiswa bagi anak nelayan, Fogging daerah pesisir, Senam massal bersama keluarga nelayan, Lomba masak serba ikan antar kab / kota dan Lounching pembuatan kapal fibre putra daerah.

Pekan Nelayan dan Kemaritiman akan ditutup dengan seminar nasional tentang Kemaritiman Bengkulu yang akan melibatkan sejumlah pakar dan dihadiri oleh Menko Kemaritiman, Rizal Ramli. (hartika/more)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − 10 =