21 Miliar Dana APBD-P Disiapkan, Pembangunan Infrastruktur Jalan Provinsi Berlanjut

Published by Isan Haicing on

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu kembali akan melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan Pemprov Bengkulu. Adapun dana yang disiapkan yakni sebesar 21 miliar rupiah lebih, yang bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) APBN 2023 yang dilaksanakan melalui APBD Perubahan tahun 2023.

Gubernur Bengkulu mengatakan, anggaran APBD Perubahan untuk infrastruktur tersebut dialokasikan bagi pembangunan jalan di kawasan Giri Mulya, Cinto Mandi, Pino Raya dan Tebat Monok.

“Jadi kita mendapatkan anggaran DBH dari Sawit itu untuk Provinsi Bengkulu. Maka di APBD Perubahan tahun ini kita kerjakan di ketiga titik tersebut,” jelas Gubernur Rohidin usai Rapat Finalisasi APBD Perubahan 2023 Bidang Infrastruktur, di Ruang Kerja Gubernur Bengkulu, Kamis (21/09).

Sementara itu dijelaskan Plt. Kadis PUPR Provinsi Bengkulu Tejo Suroso, walaupun masih dalam tahap pembahasan, untuk pembangunan dari anggaran APBD Perubahan tersebut diprioritaskan ke Kabupaten Bengkulu Utara.

Pasanya, kondisi jalan yang ada sangat membutuhkan perbaikan. Terlebih jalan seperti di kawasan Giri Mulya hingga perbatasan Bengkulu Utara dan Lebong, merupakan akses utama masyarakat setempat.

“Untuk pelaksanaan hingga saat ini kami masih menunggu jawaban atas pembahasan dari pihak DPRD Provinsi Bengkulu,” ujarnya.

Kendatipun demikian untuk perbaikan jalan provinsi lainnya juga masih menunggu dana usulan melalui Dana Inpres. Di mana pada tahun 2024 usulan dana Inpres Provinsi Bengkulu sebesar 1 triliun lebih.

“Jadi ini juga tergantung hasil verifikasi pihak kementerian akan memberikan berapa besaran dana Inpres tersebut. Di samping pemerintah daerah juga diminta menyiapkan syarat pembangunan penggunaan dana Inpres yaitu tersedianya lahan dan keterangan kesanggupan melaksanakan pembangunan dari dana hibah pusat,” imbuhnya. [Rian]

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − ten =