3 Mall Pelayanan Publik di Bengkulu Diresmikan

Published by Isan Haicing on

Wakil Gubernur Bengkulu (Wagub) Rosjonsyah mendampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meresmikan tiga Mall Pelayanan Publik (MPP) pertama di Provinsi Bengkulu, Kamis (16/03).

Peresmian digelar terpusat di Mall Pelayanan Publik Kota Bengkulu. Adapun tiga MPP yang diresmikan adalah MPP Kota Bengkulu, MPP Kabupaten Bengkulu Tengah, dan MPP Kabupaten Lebong.

Menurut Wakil Gubernur Rosjonsyah, bahwa perbaikan pelayanan tak bisa lepas dari reformasi birokrasi serta kemajuan teknologi.

“Upaya peningkatan kualitas pelayanan publik perlu dibarengi dengan inovasi layanan, baik dari sisi SDM, teknologi, dan digitalisasi pelayanan,” ujar Rosjonsyah.

Pelayanan langsung, tambah Rosjonsyah, dalam bentuk MPP merupakan perwujudan komitmen pemerintah dalam meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Hal tersebut, lanjutnya, sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP). Maka dari itu, dalam pelaksanaannya diperlukan integrasi pelayanan yang baik antara seluruh entitas pelayanan. Seperti kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMD, dan swasta secara terpadu untuk meningkatkan kecepatan, kemudahan jangkauan, kenyamanan keamanan, serta pelayanan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Kami pemerintah provinsi sangat mengapresiasi dan menyambut baik berbagai langkah inovatif yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Bengkulu dan kabupaten lain,” terangnya.

Sementara MenPAN RB Anas mengatakan, kehadiran MPP menjadi simbol baru dalam rangka memajukan Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan juga Kabupaten Lebong. MPP dinilai dapat menjadi fast track dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi Berdampak.

“Sejalan dengan upaya mendorong MPP hadir di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Kami juga mendorong terbangunnya sistem pelayanan berbasis digital. Tujuannya adalah mempermudah layanan,” ujar Menteri PANRB Azwar Anas.

Ia juga menyebutkan bahwa secara bertahap pihaknya akan mengintegrasikan daerah yang telah memiliki MPP agar dapat menjadi MPP digital sehingga ada beberapa pelayanan yang tidak perlu hadir secara fisik.

“Dengan peresmian MPP di tiga daerah di Bengkulu, kami harapkan pelayanan di Bengkulu lebih mudah dan birokrasi melayani segera bisa dirasakan masyarakat. MPP ini hanya gedung, tapi pesannya adalah bagaimana kita segera mengintegrasikan layanan dengan teknologi dan kemudahan lainnya,” tutupnya.

Turut hadir dalam peresmian ini Bupati Lebong, Plh Bupati Bengkulu Tengah, Walikota Bengkulu, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB, Staf Ahli Menteri PAN RB Bidang Administrasi Negara, Staf Khusus Menteri PANRB Bidang Pelayanan Publik, para PPT Pratama Kementerian PANRB, serta jajaran Forkopimda Provinsi Bengkulu.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 9 =