Amankan Operasi Lilin Nala 2019, Pemerintah dan Aparat Sinergi

Published by kominfo news on


Bengkuluprov – Demi menjamin keamanan dan kenyamanan memasuki musim libur dan peringatan hari besar, Natal dan Tahun Baru 2020, Polda Bengkulu dan Pemerintah Daerah lakukan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Nala 2019 di Gedung Adem Polda Bengkulu, Selasa (17/12).
Pada kesempatan ini, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman menyampaikan himbauan dalam memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru 2020 untuk beberapa lokasi yang perlu menjadi perhatian dilakukan pengamanan diantaranya tempat ibadah, tempat ramai (pantai, pasar, tempat wisata, penginapan), jalur transportasi mudik, maupun transportasi massal (Bandara, Pelabuhan, Terminal Angkutan). 
“Daerah yang berpotensi ramai atau titik kumpul masyarakat menjadi prioritas pengamanan, agar selalu tercipta situasi yang kondusif selama Natal dan Malam Pergantian Tahun. Di lokasi wisata pasti akan menjadi titik sentral dikunjungi masyarakat, untuk itu kita akan tempatkan anggota pada beberapa titik dengan mendirikan posko,” jelas Jenderal Bintang Dua asli Bengkulu ini.
Selain itu, ia pun mengingatkan memasuki musim penghujan, sangat rawan sekali terjadi bencana longsor pada beberapa titik di daerah. Untuk itu, perlu antisipasi dengan menempatkan alat berat di beberapa titik rawan, disamping itu bencana lain seperti banjir, gempa, puting beliung, sampai kebakaran juga menjadi perhatian. 
“Daerah kita setiap tahun, di beberapa daerah sering terjadi longsor, perlu antisipasi dini dengan mempersiapkan alat berat agar jika terjadi sesuatu dapat langsung teratasi. Bencana datang tidak dapat diprediksi, untuk itu kita perlu selalu waspada,” pesan Kapolda.
Sementara, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto mengatakan beberapa OPD terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Pol PP, PUPR, Dishub, dan lainnya perlu saling koordinasi dengan Polda, Korem, dan Lanal sebagai langkah antisipasi jika terjadi sesuatu atau hal-hal yang tidak diinginkan. 
“Kerjasama Pemerintah dan Aparat perlu didukung demi menjaga kekondusifan di masyarakat, koordinasi antar lini diperlukan agar operasi lilin nala 2019 berjalan lancar,” ujar Gotri.
Ia menambahkan, selain itu ketersediaan stok pangan, sembako, maupun Bahan Bakar Minyak (BBM) perlu diperhatikan agar stoknya tercukupi sehingga masyarakat tidak resah jika keperluan pokok terjamin. 
“Kebutuhan pokok masyarakat pun tidak luput dari perhatian, jika semuanya terjamin tentu harga di pasaran tidak melonjak dan masyarakat merasa nyaman,” pungkas Asisten III.
Pada pertemuan ini, dihadiri beberapa unsur OPD dan Forkopimda seperti Korem, Lanal, Kajati, Kabinda, dan Pihak terkait seperti PLN, Pertamina, BMKG, Bulog, Telkom.(MC diskominfotikprovbkl)


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − 7 =