Bangun Sinergi Bangun Bengkulu, Sekda se Provinsi Ngumbar (Ngumpul Bareng)

Published by APS on

Membangun sinergi antar Sekretaris Daerah se-Provinsi Bengkulu, Sekretaris daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri pimpin Rapat Kerja Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) Komisariat Wilayah (KOMWIL) Provinsi Bengkulu, di ruang rapat Rafflesia pemda Provinsi Bengkulu, Selasa (6/10).

Hamka Sabri menyampaikan ada beberapa bahasan yang menjadi pokok pertemuan, salah satunya menyikapi tahun politik ini, Sekda memiliki peran mengkoordinir para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tetap netral.

“Ada beberapa intruksi untuk para ASN provinsi Bengkulu, dalam menyikapi tahun politik ini. Dimana para ASN harus tetap netral, dan ini sudah tercantum dalam peraturan perundang-undangan,” terang Hamka yang juga sebagai Dewan Pembina Porsesdasi.

Lebih lanjut, dibahas pula bagaimana penanganan Covid-19 terkait sanksi yang sebelumnya dikeluarkan bagi pelanggaran protokol kesehatan dalam bentuk perbup, perwal, dan pergub dapat ditingkatkan menjadi perda. Hal ini sesuai, dengan koordinasi bersama Forkopimda pada HUT TNI lalu, tujuannya agar laju Covid-19 di provinsi Bengkulu segera berakhir.

“Kita juga bahas, bentuk sanksi yang dituangkan pada perbup, perwal, dan pergub dapat didorong menjadi Perda. Hal ini bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona yang semakin hari semakin banyak. Dan tadi semua sekda menyetujui, untuk meningkatkan peraturan tersebut,” jelas Hamka.

Sementara itu, Ketua Komwil Forsesdasi Bengkulu RA Denni mengatakan forum sekda ini sebagai wadah berkumpul, saling sharing, dan memang diadakan setiap beberapa bulan sekali. Dan dalam pertemuan, selalu ada saja ide yang diutarakan oleh setiap daerah.

“Disini kami menyikapi hasil Rakernas Forsesdasi lalu, tentang persiapan pilkada serentak di setiap daerah. Secara teknis, Sekda harus mengintruksikan seluruh ASN untuk tetap netral dalam berpolitik dan hal tersebut sudah di intruksikan bahkan jika melanggar ASN dapat dikenakan sanksi tegas,” ucap Denni yang juga menjabat Sekda Rejang Lebong.

Disamping itu, Forsesdasi Bengkulu mengagendakan melakukan koordinasi dengan ketua Forsesdasi pusat yaitu Sekda Sumatera Selatan. Nanti akan disampaikan beberapa poin, sehingga program-program yang dirancang di daerah ini selaras dengan program pusat.

“Kita akan sampaikan kepada pengurus pusat, terkait program-program daerah yang sedang digagas. Dengan harapan, ada keselarasan dalam program yang dibuat sehingga menguntungkan bagi daerah,” pungkasnya.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five − 2 =