Besok Penyemprotan Disinfektan Serentak di Provinsi Bengkulu

Published by kominfo news on

Bengkuluprov – Besok pagi (31/3), akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara masif dan serentak di seluruh Provinsi Bengkulu guna mencegah berkembangnya virus Civid-19. Kegiatan tersebut berdasarkan  rujukan dari surat telegram Kapolri Nomor ST/1008/III/KES.7/2020 tanggal 23 Maret 2020 tentang pelaksanaan serentak dan masif Penyemprotan Disinfektan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.
Selain itu berdasarkan Rencana Kontijensi Aman Nusa II Polda Bengkulu tanggal 6 Februari 2020 tentang Kontijensi menghadapi Bencana tahun 202O.
Guna kesiapan kegiatan tersebut, Polda Bengkulu menggelar Rapat Kesiapan Penyemprotan Disinfektan secara masif dan serentak dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid -19 di Provinsi Bengkulu bersama Pemerintah Provinsi serta stake holder terkait di ruang Comand Center Polda Bengkulu, Senin (31/3).
Wakapolda Brigjend Pol. Sahimin Zainudin yang memimpin Rapat bersama Sekda Provinsi Bengkulu meminta pemerintah Provinsi Bengkulu beserta jajarannya untuk dapat menyiapkan seluruh kelengkapan untuk melakukan aksi serentak tersebut, begitupun bagi aparat negara Polri, Korem dan Lanal Bengkulu untuk mengerahkan seluruh personilnya serta kendaraan operasional guna melaksanakan Penyemprotan Disinfektan secara serentak dan menyeluruh di Provinsi Bengkulu.
“Begitupun di Kabupaten dan kota, agar Bupati dan Walikota dapat menginstruksikan kepada seluruh jajarannya hingga ke level bawah seperti Lurah dan RT, sehingga kegiatan Penyemprotan Disinfektan ini dapat dilaksanakan secara menyeluruh secara masif dan serentak di seluruh pelosok Provinsi Bengkulu,” tegas Wakapolda Sahimin.
Kegiatan ini, jelas Wakapolda, diharapkan dapat mencegah berkembangnya virus Covid -19 di Provinsi Bengkulu serta dapat mempertahankan Bengkulu dalam zona hijau Covid-19.
Penyemprotan Disinfektan akan dimulai esok pagi jam 9.00 WIB dengan titik kumpul star di Polda Bengkulu serta finish di Mapolres Kota Bengkulu.
“Sedangkan di Kabupaten dan kota disesuaikan dengan lokasi masing-masing,” kata Wakapolda.
Polisi dengan satu bintang dipundaknya ini juga meminta Pemprov untuk dapat mengantisipasi arus mudik bulan ramadhan dan hari raya idul fitri.
Untuk itu, Wakpolda menegaskan perlu adanya tempat karantina bagi ODP yang baru masuk ke wilayah Provinsi Bengkulu guna antisipasi masuknya virus Covid-19 ke Provinsi Bengkulu.
Sementara itu, Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Bengkulu beserta jajarannya untuk melaksanakan Penyemprotan Disinfektan secara serentak, dengan menerjunkan seluruh sumberdaya dan peralatan yang ada.
“Besok pagi, Pemprov Bengkulu akan mengerahkan semua kemampuannya semaksimal mungkin dengan menerjunkan BPBD, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan juga TNI untuk kita minta ikut bergabung dalam kegiatan Penyemprotan Disinfektan serentak,” kata Sekda Hamka.
Untuk upaya pengamanan orang-orang yang masuk ke dalam Provinsi Bengkulu,  jelas Hamka, Pemprov telah melakukan pengawasan keluar masuk orang dan barang diperbatasan dengan cara penyemprotan Disinfektan, pengukuran suhu tubuh serta mendata para pendatang sehingga dapat menjaga provinsi Bengkulu tetap aman dari virus Covid-19.
“Pemprov Bengkulu juga telah membentuk 8 rumah sakit rujukan, dimana ada tiga rumah sakit rujukan yang sudah diajukan secara nasional yaitu, RSU M Yunus, Rumah Sakit Argamakmur serta Rumah Sakit Bengkulu Selatan. Sedangkan lima rumah sakit rujukan daerah yaitu, RS kota Bengkulu, RSUD Mukomuko, RSUD Rejang Lebong, RS DKT serta RS Bhayangkara,” sebut Hamka. [MC diskominfotikprovbkl ]


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − eleven =