Di Pembukaan Festival Pesisir Pantai Panjang, Gubernur Rohidin Mendapat Pujian Kemenpar

Published by kominfo news on


Bengkuluprov-Ketua Pelaksana Calendar of Events Kementerian Pariwisata RI, Esthy Reko Astuti mengapresiasi konsen Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dalam mengembangkan wisata Bengkulu melalui berbagai pagelaran event.
“Kami sangat mengapresiasi dan sangat mengacungkan jempol komitmennya Pak Gubernur yang hadir sendiri mempresentasikan bagaimana event yang diusulkan dalam Calendar of Events Wonderful, yang salah satunya Festival Pesisir Pantai Panjang, kemudian ada Tabut dan Bunga Rafflesia, ini beliau presentasikan sendiri dan luar biasa,” ujarnya saat hadir dalam pembukaan Festival Pesisir Pantai Panjang, (16/11).
Esthy menegaskan, Bengkulu memiliki potensi wisata yang juga tak kalah menarik dari provinsi lainnya, di Indonesia.
“Setiap daerah punya potensi, seperti di Bengkulu kita punya potensi mulai dari heritage, warisan budaya, sejarah dan alamnya banyak sekali mulai dari pesisir pantai, mangrove sampai beberapa perkebunan – perkebunan sebenarnya yang bisa kita jadikan sebagai daya tariknya, ini yang saya kira perlu dikembangkan sesuai dengan potensi dari masing – masing daerah,” tambahnya.
Esthy juga menekankan, menguatan potensi kearifan lokal yang dimiliki oleh masing-masing daerah, sangat diperlukan.
“Didalam mengembangkan suatu destinasi atau suatu pariwisata harusnya berbasis pada potensi budaya dan kearifan lokal di daerah itu, disamping dengan kita mengembangkan ini bermakna kita juga berkeberpihakan pada lingkungan ini menjadi suatu perhatian yang dalam komitmen mengambangkan pariwisata,” tambahnya lagi.
Esthy berharap, Festival Pesisir Pantai Panjang di tahun berikutnya, dapat dikemas lebih menarik, agar potensi wisata Bengkulu makin dikenal oleh para wisatawan, baik nasional maupun Internasional.
“Kami berharap kegiatan Festival Pesisir Pantai Panjang 2020 bisa dipersiapkan dengan baik mulai dari sekarang dan kami sudah mulai berkoordinasi dengan teman – teman untuk bisa mempersiapkan kegiatan ini dengan baik begitu juga dengan kegiatan – kegiatan lain hingga bisa menarik wisatawan,” pungkas Esthy.
Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, melalui pagelaran event, seperti Festival Pesisir Pantai Panjang dapat mendongkrak pertumbuhan di berbagai sektor, termasuk ekonomi masyarakat.
“Jadi Calendar of Events seperti ini tujuannya disamping menampilkan  dari sisi budaya, hiburan dan sebagainya untuk masyarakat, yang kita inginkan itu tumbuhnya, berkembangnya ekonomi kecil menengah, maka sengaja pelaku – pelaku UKM ini yang harus kita dorong, industri – industri kreatif, fashion, kuliner itu semuanya tumbuh berkembang dengan bagus, itu yang kita harapkan dampak dari sebuah event,” ujar Rohidin.
“Kita merasakan betul bahwa beberapa event yang kita bangun itu masyarakat merasakan geliat ekonominya mulai tumbuh, nanti dengan sendirinya perputaran ekonomi itu akan berjalan dengan baik itu yang kita dampak dari sebuah event,” tambah Gubernur Rohidin.
Pengembangan sektor wisata, lanjut Rohidin, akan terus dibenahi. Baik infrastruktyrnya, maupun kemasannya.
“Kita ada 3 event di Bengkulu itu yang masuk dalam 100 Pesona Wonderful Indonesia. Ada 2 yang akan kita gagas di tahun 2021 yaitu Sport Tourism of Bencoolen dan Bencoolen International Marine Festival, jik 5 event ini masuk nasional, yakin betul karena yang menggerakkan bukan kita lagi Kemenpar, jika 5 event dalam 1 tahun berstandar Nasional dan dibiayai Kemenpar menurut saya ini keberhasilan kita bersama untuk membangun kemasan pariwisata Bengkulu,” pungkas Rohidin. (MC Diskominfotikprovbkl)

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + 3 =