Dorong Modernisasi Alat Pertanian, Gubernur Bengkulu Serahkan Bantuan Alsintan

Published by Isan Haicing on

Modernisasi alat-alat pertanian menjadi sebuah keniscayaan dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian. Hal ini menjadi dasar Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah terus mendorong adanya modernisasi alat pertanian melalui bantuan Alat Mesin dan Pertanian (Alsintan) kepada petani di provinsi Bengkulu.

Penyerahan Alsintan selain untuk memodernisasi alat-alat pertanian, juga menjadi sebuah motivasi dan semangat kepada kelompok tani dalam menghasilkan hasil pertanian yang berkualitas.

“Mereka satu kelompok, satu komoditas ada Alsintan milik bersama, suasana bertani itu menjadi sebuah gairah tersendiri, teman-teman PPL juga mendampingi, ini juga dapat menjadi alat untuk melakukan penyuluhan,” jelas Gubernur Bengkulu Rohidin Merysah usai menyerahkan Bantuan Alat Mesin dan Pertanian (Alsintan) di Balai Desa Tebat Tebelet Kec. Kepahiang Kab. Kepahiang, Selasa (26/9/2023).

Gubernur Rohidin sendiri menambahkan bahwa pembentukan kelompok tani merupakan hal yang penting, di mana kelompok tani, di samping menjadi media tempat berlatih mendapatkan informasi dan meningkatkan wawasan. Kelompok tani juga menjadi untuk saling menguatkan satu sama lain, antar sesama anggota maupun kelompok tani lainnya.

“Untuk menguatkan satu sama lain, kalau ada sumber daya yang besar mereka bisa secara kolektif mendapatkannya, termasuk juga mengajukan pinjaman KUR atau mengakses lembaga-lembaga keuangan, di samping posisi tawar atas hasil komoditas itu juga lebih baik,” jelas Gubernur Rohidin.

Sementara itu salah satu penerima bantuan Alsintan Piperi selaku Ketua Kelompok Tani Agung Raya Desa Keban Agung Kecamatan Bermani Ilir Kepahiang menuturkan, bantuan ini sangat bermanfaat bagi para petani. Ini juga menunjukkan bahwa Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sangat peduli terhadap petani-petani yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Yang jelas kami dari petani sangat berterima kasih kepada bapak gubernur juga dinas terkait, utamanya gubernur telah melihat kami para petani, ingin membantu kami para petani. Kami dari petani mengucapkan sudah terbantu,” terang Piperi.

Ia pun berharap dengan adanya bantuan dari Gubernur Bengkulu, hasil pertanian para petani khususnya di Kepahiang dapat semakin meningkat dan menghasilkan omzet yang mencukupi.

“Harapan kami petani dapat penghasilan hasil pertanian lebih dengan adanya bantuan dari pemerintah ini,” harap Piperi.

Dalam kesempatan ini Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyerahkan sebanyak 48 Hand Sprayer Elektrik kepada 16 Kelompok Tani yang ada di Kabupaten Kepahiang, yang masing-masing menerima sebanyak 3 Hand Sprayer Elektrik. [Moreka & Fredy]

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *