Gubernur Bengkulu Dukung UMKM Naik Kelas melalui Warkop Digital

Published by FHD on

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus bisa naik kelas melalui komoditas unggulan yang ada di Provinsi Bengkulu, hal ini disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada Peresmian Outlet Kedua Bencoolen Coffee Pondok Kelapa, Minggu (28/11).

“Kita ingin menggerakkan UMKM yang ada di Bengkulu bagaimana bisa naik kelas mengikuti sistem pengembangan pemasaran produk di era digital, saya kira Warung Kopi Digital bisa menjadi trigger penggerak bagaimana mengembangkan komoditas Bengkulu yang pelaku usahanya adalah UMKM, ini yang penting,” jelas Gubernur Rohidin.

Gubernur pun berharap Bencoolen Coffee kedepannya semakin dikenal baik nasional maupun internasional. Selain peresmian Outlet Bencoolen Coffee pada kegiatan ini juga dilaksanakan penandatangan MoU terkait pusat pelatihan dan pembiayaan Warung Kopi Digital oleh industri jasa keuangan.

“Kita terus mengembangkan bagaimana Bencoolen Coffee bisa masuk pasar nasional bahkan Internasional, hari ini kita launching lagi untuk Bencoolen Coffee di kawasan Bengkulu Tengah di Kec. Pondok Kelapa di samping kita diikuti dengan pembiayaan untuk Warkop Digital berkerjasama dengan industri jasa keuangan termasuk Koperasi, juga kerjasama terkait pelatihan bersama Cyber Academy,” jelas Gubernur Rohidin.

Bencoolen Coffee sendiri sukses untuk mengangkat nama Bengkulu khususnya dalam mengenalkan komoditas Kopi Bengkulu, yang diantaranya juga meraih penghargaan bergengsi di Paris Perancis beberapa waktu lalu. Gerai Bencoolen Coffee sendiri telah merambah hingga ke mancanegara diantaranya Malaysia. Gubernur pun ingin tidak hanya Kopi, namun komoditas lain yang menjadi andalan Bengkulu juga dapat dikenal baik nasional dan Internasional.

“Saya ingin jejak yang dilakukan pengembangan kopi digital ini atau Bencoolen Coffee ini untuk produk – produk lain, misalnya sumber daya air yang bisa kita kemas, Aren nya Bengkulu termasuk Beras Bengkulu juga Holtikultura Bengkulu, ini yang harus kita kembangkan, pemasaran di era sekarang dan kedepannya tidak bisa lagi konvensional,” minta Gubernur Rohidin.

Gubernur juga mengikatkan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik di lingkungan Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk dapat mengajak serta menggerakkan UMKM, agar dapat bertransformasi dan bersaing melalui produk unggulannya guba mengikuti kemajuan zaman.

“Saya minta kepada pimpinan OPD teknis di tingkat Provinsi dan Kota harus bisa menangkap kesempatan ini sehingga bisa mengakselerasi, menggerakkan para pelaku usaha di tingkat wilayah, kalau kita tidak bertransformasi mengajak UMKM kita naik kelas, maka ekonomi kita bukan sekedar tertinggal tetapi juga hilang,” tegas Gubernur Rohidin.

Pada kesempatan ini Gubernur Rohidin, juga hadir Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli menyerahkan piagam hadiah lomba video presentasi warkop digital dengan juara pertama diraih SMK S3 Idhata Curup, juga piagam bagi Koordinator SMA/SMK serta penyerahan KUR bagi Warung Kopi Digital, disamping meninjau stand produk unggulan lain dari Bencoolen Coffee.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × four =