Gubernur Bengkulu: Kontribusi Dokter Hewan Sangat Nyata

Published by APS on

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan keberadaannya dokter hewan sangat nyata dan besar peranannya di tengah masyarakat. Hal tersebut disampaikan Gubernur Rohidin saat peringatan Hari Ulang Tahun ke- 68 Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan Peresmian Graha Dokter Hewan di Jakarta yang berlangsung secara daring, bertempat di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Sabtu (9/1).

“Profesi dokter hewan memiliki kontribusi yang besar, tugas dan peranannya sangat berat. Keberadaannya di tengah masyarakat tidak hanya berhubungan dengan hewan atau ternak, tetapi juga erat kaitannya dengan lingkungan dan manusia. Terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini,” ujar Gubernur.

Gubernur Rohidin yang merupakan lulusan Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada ini juga menyambut baik peresmian Graha Dokter Hewan yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan tersebut.

“Kami berterimakasih betul dengan kepemimpinan pengurus sekarang Drh. Munawaroh beserta kawan-kawan lainnya yang telah mewujudkan salah satu tujuan kita, membuat nilai profesi kita baik secara fisik maupun non-fisik semakin baik di mata masyarakat. Kedepannya kita berharap visi besar kita bersama dapat segera terealisasi,” imbuh Rohidin.

Disebutkannya, ada tiga tugas pokok yang diemban para dokter hewan, baik itu dalam penyediaan protein hewani, begitu juga dengan pengendalian penyakit zoonosis yang berhubungan dengan penyakit menular antara manusia dan hewan. Termasuk juga kepentingan kebutuhan dasar manusia dan pelestarian domestikasi dan pelayanan kesehatan hewan.

“Saya sebagai dokter hewan pernah berseloroh, hewan saja kami muliakan, apalagi manusia. Maka tidak perlu takut kepada dokter hewan. Oleh kerana itu, tentu kita berharap keberadaan Graha Dokter Hewan sebagai pusat atau sekretariat dokter hewan, sekaligus pusat informasi dan sosialisasi,” pungkas Gubernur.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Umum PB PDHI Drh M. Munawaroh mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang membantu terwujudnya Graha Dokter Hewan pada Hari Ulang Tahun Ke-68 PDHI.

“Sungguh di luar dugaan, setelah mengontrak selama 67 tahun akhirnya PDHI memiliki graha sendiri. Ini berkat dukungan dari para dokter hewan yang telah berkomitmen untuk memperkuat organisasi profesi kita,” timpal Munawaroh.

Hal senada juga disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Ia mengatakan, Indonesia memiliki keanekaragaman fauna yang harus disyukuri dan dijaga oleh dokter hewan. PDHI diharapkan berperan memperkuat profesi dokter hewan di Indonesia. PDHI juga diharapkan berkomitmen penuh membina profesi dokter hewan.

”Kementerian Perhubungan mendukung distribusi ternak dan daging melalui tol laut. Ini komitmen pemerintah memberi layanan masyarakat dalam penyediaan ternak dan daging. Kami berharap itu dapat didukung PDHI untuk menyediakan bahan pakan ternak yang berkualitas baik,” demikian Budi. (MC)

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 − 4 =