Gubernur Rohidin Dukung Budidaya Porang Demi Kesejahteraan Petani Bengkulu

Published by TD on

Bengkuluprov – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mendukung budidaya Porang di Bengkulu yang diinisiasi oleh DWP Asosiasi Petani Porang Indonesia (ASPEPORIN).

Hal ini disampaikan Gubernur Rohidin saat menerima audiensi DWP ASPEPORIN di Gedung Daerah Balai Raya Semarak, Bengkulu, Kamis (27/08).

“Tadi kita diperkenalkan langsung sejenis tanaman umbi yang saat ini populer dibicarakan masyarakat. Ditambah lagi, jika tanaman porang dijadikan budidaya pertanian, keunggulan porang yakni bisa beradaptasi pada berbagai semua jenis tanah, bahkan bisa bertahan ditanah kering,” ungkap Rohidin.

Rohidin juga akan mendukung pelestarian budidaya porang dan pengembangannya di Bengkulu. “Tentu ini sangat perlu kita dukung guna mendongkrak komoditas pertanian, agar berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan petani itu sendiri khususnya di Provinsi Bengkulu. Yang jelas, saat ini kita liat progresnya seperti apa, terkait apa yang dibutuhkan nantinya, insyaallah kita akan membantu,” jelas orang nomor satu di Provinsi Bengkulu ini.

Kepala ASPEPORIN Provinsi Bengkulu Silvia mengatakan, bahwa porang merupakan salah satu komoditas pertanian yang sedang tren diminati pasar ekspor.

“Jika ditanya kenapa kita membawa tanaman porang ini ke Provinsi Bengkulu, karena sudah dibuktikan di beberapa daerah lainnya yang hasilnya dapat menjanjikan. Jadi, kenapa tidak tanaman porang ini kita sosialisasikan kepada petani sehingga bisa mengikuti teman-teman petani yang sudah mendapatkan keuntungan ini,” kata Silvia.

Silvia juga menyampaikan harapan kepada Pemprov Bengkulu untuk ikut bersinergisitas dengan ASPEPORIN dalam mensosialisasikan bahkan ikut membudidayakan tanaman porang kepada masyarakat di Provinsi Bengkulu.

“Pastinya kita butuh sinergisitas dengan Pemerintah Daerah, karena tanpa dukungan dari Pemerintah setempat, tentu kita tidak bisa bergerak. Dan juga untuk petani yang ingin membudidayakan tanaman porang sendiri, sangat membutuhkan dana yang lumayan besar. Dan Alhamdulillah, kita ucapkan rasa terima kasih kepada Bapak Gubernur yang sudah merespon dan mendukung tujuan kami tersebut,” tutupnya. (MC Pemprov Bengkulu)

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × five =